Carlsberg Tutup Dua Pabrik di Rusia [ibtimes]

Carlsberg Tutup Dua Pabrik di Rusia

PinkKorset.com, Moskow – Produsen bir Denmark Carlsberg menyatakan akan menutup dua dari 10 pabriknya di Rusia.

Dua pabrik yang akan ditutup tersebut terletak di Chelyabinsk dan Krasnoyarsk. Selama ini dua pabrik tersebut menghasilkan bir bermerek Baltika yang populer dan dijual di sejumlah negara bekas wilayah Uni Soviet.

Dengan penutupan pabrik itu, maka tenaga kerja yang diberhentikan mencapai 500 hingga 600 orang.

Carlsberg memutuskan untuk menutup dua pabriknya karena lesunya permintaan bir, akibat krisis ekonomi yang melanda Rusia.

“Karena pasar bir terus menurun terkaitr dengan keadaan mikro ekonomi yang sulit dan ketimpangan antara regulasi dan perpajakan, maka perusahaan memutuskan untuk menghentikan kegiatan di Chelyabinsk dan Krasnoyarsk,” demikian pernyataan anak perusahaan Carlsberg di Rusia, Kamis (29/1/2015).

Seperti diketahui, pasar bir Rusia menciut lebih dari 30% sejak 2008, setelah diterapkan sejumlah peraturan untruk mencegah kecanduan alkohol. Beberapa  langkah yang ditempuh adalah kenaikan bea cukai, pembatasan iklan alkohol dan larangan penjualan bir di warung-warung.

Anjloknya ekonomi Rusia bermula setelah negara itu dijatuhi berbagai sanksi atas perannya dalam konflik di Ukraina. Hal itu diperparah penurunan harga minyak, yang berkontribusi cukup besar bagi pendapatan Rusia, turut melemahkan nilai rubel.