Atasi Obesitas Anak & Remaja dengan Asupan Air [cognito]

Atasi Obesitas Anak & Remaja dengan Asupan Air

PinkKorset.com – Jangan pernah meremehkan asupan air! Obesitas pada anak-anak dan remaja ternyata bisa dicegah dengan asupan air yang cukup.

Data badan PBB yang memperhatikan kesejahteraan anak, UNICEF, pada 2012 mencatat Indonesia menempati posisi teratas tingkat obesitas anak di Asia Tenggara dengan persentase sebesar 12,2%

Obesitas pada masa kanak-kanak dapat menyebabkan dampak yang signifikan bagi kesehatan fisik kesehatan jiwa dan sosial anak.

Faktor asupan energi, baik dari karbohidrat maupun lemak, aktivitas fisik, gaya hidup, dan lingkungan memiliki peran penting dalam meningkatnya prevalensi obesitas di seluruh dunia.

“Seorang anak sangat membutuhkan asupan gizi seimbang selama masa pertumbuhannya. Tidak sedikit kasus obesitas pada anak berlanjut hingga sang anak dewasa,” kata Ahli Gizi Ibu dan Anak dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. DR. Hardinsyah, MS.

Menurut Profesor Hardinsyah, gizi seimbang termasuk minum air putih sebelum makan utama. Sebab faktanya, banyak minum air putih bisa membantu mencegah obesitas.

Akhir-akhir ini ada kecenderungan konsumsi minuman bergula atau berkalori (sugar-sweetened beverages) semakin meningkat pada anak-anak. Dan terus meningkat seiring bertambahnya usia.

“Anak-anak dan remaja saat ini gemar sekali minum minuman yang kaya kalori sehingga menyebabkan angka obesitas yang tinggi,” ujar Dokter Spesialis Anak, Dr. Sudung O. Pardede, Sp. A (K).

Padahal minuman bergula seperti, soda, air tebu manis, kopi manis, jus manis dan sport drink, memicu obesitas. Ini memperburuk fakta bahwa umumnya anak yang obesitas, malas beraktivitas fisik.

“Gaya hidup sehat menghasilkan performa fisik yang baik, dan dapat membantu mencegah dan mengatasi obesitas pada anak,” papar DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), di kesempatan yang sama.

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah talkshow kesehatan yang juga menandai peluncuran buku Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja, ditulis ketiga dokter di atas dan juga Prof. DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp. PD-KGH.

Buku setebal 51 halaman yang berisi bahasan lengkap tentang fakta pentingnya hidrasi bagi anak usia sekolah dan remaja ini akan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Bagi yang ingin mendapatkan buku ini, mereka dapat mengirimkan permintaan ke alamat email berikut, bukuhidrasi@gmail.com.