Dari Panggung Oscar 2015 [digitalspy]

Dari Panggung Oscar 2015

PinkKorset.com, Los Angeles – Ajang penghargaan paling prestisius, Academy Awards alias Piala Oscar, telah digelar. Ini yang terjadi di panggung Dolby Theatre Hollywood, in case you missed it.

Birdman dan The Grand Budapest Hotel sukses mengantungi banyak Oscar di perhelatan Oscar ke-87 ini. Keduanya memang film yang paling banyak mendapatkan nomine Oscar, masing-masing sembilan.

Birdman membawa pulang Piala Oscar di kategori yang paling diincar seperti Best Director dan BEst Original Screenplay, keduanya untuk sineas berbakat Alejandro González Iñárritu.

Adapun Grand Budapest, menyabet Oscar untuk kategori-kategori yang lebih teknis. Selain dua film ini, Whiplash juga mendapat banyak Oscar, yakni tiga piala.

Boyhood yang banyak diandalkan justru mengecewakan karena film yang digarap selama 12 tahun ini hanya mendapatkan satu Oscar.

Aktor muda Eddie Redmayne terkejut luar biasa saat namanya disebut sebagai Best Actor. Ia memerankan ilmuwan Stephen Hawking dalam The Theory of Everything.

Cukup mengejutkan, memang. Sebab banyak yang menjagokan Michael Keaton yang lebih senior, dalam Birdman.

Banyak aktor dan aktris, termasuk pembawa acara Neil Patrick Harris, menggunakan momen mereka untuk menyorot perbedaan kultur.

Seperti misalnya, sebagaimana dikatakan Neil, kurang banyak ‘warna kulit’ lain yang dinominasikan. Neil berkata, mereka berkumpul untuk menganugerahi, “The best and whitest –sorry, brightest.

Patricia Arquette, menggunakan pidato kategori Actres in a Supporting Role-nya dalam Boyhood untuk menyorot masalah hak perempuan.

“Saya tujukan Oscar ini untuk setiap perempuan yang melahirkan semua pembayar pajak dan warga negara ini. Saatnya kita junjung keetaraan untuk semua perempuan di AS,” kata Patricia.

Senada, rapper Common dan penyanyi John Legend menyorot masalah hak sipil di masyarakat modern dalam lagu ‘Glory’, soundtrack film Selma.

Kreator Citizenfour Laura Poitras mendedikasikan Oscarnya untuk subyek dokumenternya, si analis NSA yang membocorkan rahasia negara, Edward Snowden.

Iñárritu meminta masyarakat Meksiko dan Meksiko-Amerika saling menghormati. Sementara pidato Graham Moore, peraih Best Adapted Screenplay untuk The Imitation Game, cukup menggerakkan.

“Untuk anak-anak yang merasa berbeda dan tak cocok di masyarakat. Ya, kalian beda. Saya berjanji, kalian berbeda. Tetaplah menjadi aneh. Tetaplah menjadi yang berbeda,” katanya.

Duo kembar Tegan and Sara bersama The Lonely Island membawakan lagu yang selalu stuck di telinga Anda sejak Lego Movie tayang, ‘Everything Is Awesome!’

Lady Gaga membuat semua tercengang saat melantunkan medley lagu-lagu film The Sound Of Music. Penonton gembira saat aktris senior Julie Andrews keluar dari balik panggung dan memeluk Gaga.

Setelah tahun lalu mempermalukan dirinya karena salah menyebut nama Idina Menzel, John Travolta mendapat kesempatan muncul lagi dan keduanya bergurau mengenai hal itu.

Daftar lengkap pemenang Oscar 2015 bisa Anda lihat di situs reminya atau klik di sini.