Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Tubuh? [google]

Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Tubuh?

PinkKorset.com – Cairan memang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Namun, kebanyakan air juga bisa berakibat fatal.

Lalu, berapa banyak cairan yang dibutuhkan dalam sehari?

Guru detoks, pelatih pribadi dan pengarang buku diet biasanya menyarankan Anda untuk minum setidaknya dua liter air sehari, bahkan kadang hingga empat liter.

Namun,  menurut kementerian kesehatan setempat, saat ini sebagian besar perempuan dewasa hanya perlu sekitar 1,6 liter cairan secara umum ( bukan khusus air) dan laki-laki sekitar dua liter per hari, untuk menjaga tubuh bekerja secara efisien.

Semua minuman dapat dikalkulasikan untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, termasuk minuman panas seperti teh dan kopi, susu dan jus buah, bahkan air yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran.

David Wheeler, Profesor Kedokteran Ginjal dan juru bicara Kidney Research Inggris mengatakan seseorang tidak benar-benar perlu minum air untuk menjaga tubuh terhidrasi dan ginjal berfungsi.

“Cairan adalah cairan, seperti yang dikenal tubuh. Kecuali alkohol, yang memiliki efek diuretik dan dapat seseorang mengalami dehidrasi.”

Ahli gizi Dr Frankie Phillips mengatakan, air putih adalah minuman yang baik karena mampu menyuplai cairaan tanpa menambah kalori untuk diet.

“Tapi campuran minuman yang berbeda sepanjang hari, seperti susu yang kaya akan kalsium, dan jus buah yang mengandung kadar vitamin C, merupakan paduan terbaik, jika Anda ingin keseimbangan nutrisi yang sehat.”

Terpenting adalah menghindari minuman ringan dan yang mengandung soda, terutama karena kandungan gulanya yang buruk bagi gigi dan diet Anda.

Profesor Whiteley mengatakan pedoman NHS membuktikan bahwa kekhawatiran itu benar.

Penelitian terbaru di Swedia menunjukkan orang dewasa menjalani hidup yang normal mengonsumsi sekitar 2,5 liter cairan sehari, dengan 500 ml berasal dari makanan yang dikonsumsi, seperti buah dan sayuran.

Tambahkan beberapa cangkir teh, atau kopi, mungkin susu dalam mangkuk sereal atau sup, dan Anda telah memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari Anda.

Profesor Whiteley melanjutkan seseorang tidak butuh ekstra cairan, kecuali berolahraga atau dalam suhu yang hangat. Ketika  ketika berkeringat berlebih, Anda tidak tidak perlu minum berliter-liter tambahan air sepanjang hari.

Kapan mengetahui Anda sudah cukup minum?

Kebutuhan cairan seseorang berbeda tergantung ukuran tubuh, aktivitas dan suhu tempat tinggal. Semakin besar tubuh dan semakin aktif seseorang, maka semakin banyak cairan yang dibutuhkan. Anda juga perlu minum lebih banyak jika berada di iklim hangat.

Cara terbaik mengetahui apakah Anda perlu minum adalah dengan rasa haus. Jika haus, berarti Anda perlu minum. Sederhana, bukan?

Anda juga dapat mengetahui apakah perlu minum lebih banyak atau tidak, dengan melihat warna urin. Idealnya warna urin adalah terang seperti jerami. Warna urin keruh mengindikasikan Anda mengalami dehidrasi dan perlu minum lebih banyak.

Jika urin berwarna sangat pucat atau hampir bening, Anda minum terlalu banyak dan perlu memperlambat sedikit.