Mantap, BMW-Toyota Kolaborasi Bikin Mobil Sport [motoring]

Mantap, BMW-Toyota Kolaborasi Bikin Mobil Sport

PinkKorset.com – BMW dan Toyota berkolaborasi menciptakan Supra generasi terbaru dalam waktu dekat.

Ini disampaikan Vice President Toyota Eropa, Karl Schlicht, kepada majalah otomotif asal Inggris, Autocar, baru-baru ini.

Kolaborasi teknis dengan BMW muncul pada 2012 silam untuk berbagi teknologi dalam menciptakan generasi baru mobil sport kecil untuk menggantukan BMW Z4 dan Toyota GT86.

Akan tetapi, Schlicht yang juga Chief Product Planning Toyota, bahwa pihaknya mengatakan akan menciptakan mobil sport Supra yang lebih besar.

“Keinginan kami untuk melahirkan mobil sport baru muncul dari kehadiran GT86. Kami bermaksud tidak mengganti model tersebut, tapi mobil ini memiliki misi tersendiri,” ujarnya.

Mobil terbaru ini akan menjadi penerus mobil sport legenda Toyota Supra, yang terakhir diproduksi pada 2002 silam dan akan terinspirasi dari mobil konsep Toyota FT-1 yang diperkenalkan pertama kali ke publik tahun lalu.

Supra terbaru ini akan memiliki dimensi lebih besar dari Z4 meski menggunakan platform yang sama. Platform berbagi ini akan digunakan oleh Toyota-BMW.

Mobil ini akan mengusung mesin konvensional yang sama dan pilihan mesin plug-in hybrid.

Toyota dipastikan akan fokus dalam pengembangan kelistrikan dan konstruksi body sedangkan BMW akan fokus dalam pengembangan mesin dan perakitan.

Raksasa otomotif Jerman tersebut juga akan menggunakan teknologi karbon fiber untuk memangkas bobot mobil.

Seorang sumber senior di BMW mengatakan bahwa mobil ini akan diproduksi di sebuah fasilitas produksi sama dengan lokasi produksi bersama Mazda dan Fiat, yaitu MX-5 dan 124 Spider.

Mobil yang akan diberi nama BMW Z5 dan Toyota Supra generasi terbaru ini akan diluncurkan sebelum akhir 2020.