Twitter Beri Beasiswa Bagi Mahasiswi Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Demi menunjang pendidikan, Twitter memberi beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Apa kriterianya?

Jejaring sosial yang sedang naik daun ini berencana memberikan beasiswa hanya bagi perempuan, terutama yang fokus di bidang IT.

Twitter rupanya hendak menambah jumlah perempuan di dunia IT yang selama ini didominasi laki-laki.

“Kami ingin menambah jumlah progammer perempuan,” papar CEO Twitter Dick Costolo di Jakarta, Kamis (26/3/2015), sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Dalam program yang disebut #Twitter4WaniTek ini, Twitter bermitra dengan Universitas Indonesia untuk membiayai pendidikan dan biaya hidup lima mahasiswi S2 Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI selama tiga tahun, mulai tahun kedua.

Salah satu dekan perempuan Fasilkom UI, Mirna Adriani, menyambut baik program Twitter ini.

“Mungkin nantinya ide-ide dari kaum perempuan ini bisa beda dari rekan mereka yang berjenis kelamin laki-laki,” kata Mirna.

Mirna memiliki pengalaman yang cukup mengenai hal ini sewaktu studi S3 di University of Glasgow. Dari 10 mahasiswa, ia satu-satunya yang perempuan.

Maka Mirna pun ingin proporsi perempuan dan laki-laki di dunia IT berimbang. “Mudah-mudahan nanti bidang IT akan lebih diminati kaum perempuan.”