Hore, Kopi Turunkan Risiko Kanker Kulit [techietonics]

Hore, Kopi Turunkan Risiko Kanker Kulit

PinkKorset.com – Kopi juga memiliki beberapa efek baik. Diantaranya menurunkan risiko kanker kulit ganas alias melanoma.

Beberapa riset digelar untuk mencari khasiat baik minuman favorit mayoritas masyarakat dunia ini. Diantaranya mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe dua.

Juga stroke, kanker hati, demensia, penyakit Parkinson dan bahkan meningkatkan daya ingat jangka panjang Anda. Hmm, baik bukan?

Kini ada alasan lagi menikmati kopi. Sebuah studi menunjukkan, konsumsi rutin kopi diyakini menurunkan risiko melanoma atau kanker kulit ganas.

Riset yang digelar di Amerika Serikat ini melibatkan partisipan yang minum kopi hingga empat cangkir atau lebih setiap hari.

Risiko mengidap melanoma mereka turun hingga 20% ketimbang yang tidak minum kopi. Kesimpulannya, konsumsi kopi yang tinggi bisa menurunkan risiko melanoma secara moderat.

Namun, periset juga menyampaikan hasil penyelidikan tambahan mengenai asupan kopi dan zat tambahannya, seperti kafein,  terkait melanoma, masih harus dilakukan.

Tetap saja, periset merasa hasil penelitian ini menggembirakan. Seperti disampaikan Erikka Loftfield, yang periset master di Yale School of Public Health, kepada Washington Post.

“Hasil ini dan beberap studi lainnya, cukup untuk meyakinkan konsumen bahwa minum kopi bukanlah hal yang berisiko menimbulkan bahaya,” ujarnya.

Riset yang digelar National Institues of Health (NIH) dan The American Association of Retired Persons (AARP) ini mengumpulkan data dari 447.357 partisipan selama median 10 tahun.

Hasilnya sudah dipublikasikan awal tahun ini di JNCI: Journal of the National Cancer Institute.