Tiga Cara Terbaik Untuk Detoks Alami [ubergizmo]

Tiga Cara Terbaik Untuk Detoks Alami

PinkKorset.com – Ada cara-cara yang terbaik serta aman untuk mengeluarkan toksin dari tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan ketimbang minum jus.

Jus memang enak. Tapi jus hanyalah sisa dari nutrisi-nutrisi terbaik buah, yang Anda buang bersama ampasnya. Apalagi jus low fat, yang semakin membuat minuman itu ‘kosong’.

Para pakar detoks sering menyarankan tiga hal berikut. Detoks dengan cara-cara ini dijamin membuat Anda merasa lebih baik dan segar ketimbang minum jus.

Berkeringat

“Sauna adalah bagian dari protokol detoks dalam pengobatan terintegrasi, sejak beberapa dekade lalu,” kata Susan S. Blum M.D, asisten profesor klinik untuk preventive medicine di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York.

Sauna infra merah yang meniru cahaya matahari tanpa sinar UV, kata Blum yang juga penulis The Immune System Recovery Plan, lebih efektif memanaskan sel tubuh ketimbang sauna tradisional. Toksin akan keluar jika tubuh panas dan sirkulasi darah meningkat.

Jika saat ini Anda melakukan detoks, coba 10-15 menit di ruang sauna sebanyak 2-3 kali sepekan. Jangan lupa untuk minum cukup air agar terus terhidrasi. Anda yang baru mencoba, cukup 5 menit dalam ruang sauna.

Bernapas

Bernapas dalam-dalam, terutama dengan teknik ujjayi, bisa menyingkirkan toksin. Teknik ini mengumpulkan panas di dalam tubuh sehingga Anda mengeluarkan racun via keringat. Karbon dioksida yang berlebih juga dikeluarkan setiap Anda menghembuskan napas.

Ini disampaikan Sinda Anzovino, instruktur yoga di Yoga by Sinda, New York Sports Clubs, dan Life Time Athletic. Untuk melakukan teknik ujjayi, carilah posisi santai dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung.

“Saat menghembuskan napas, bayangkan tenggorokan Anda terbuka seperti ketika sedang menguap,” kata Anzovino. Kemudian, rapatkan bagian belakang tenggorokan dan buat suara ‘hah’ yang lembut seakan meniru suara laut.

Lakukan lima hitungan untuk setiap tarik dan hembusan napas, lanjutkan hingga 15 menit. Setelah melakukan teknik ini, Anda akan merasa rileks dan berenergi. Berikut video panduannya, jika Anda khawatir salah melakukannya.

Makan Bersih

Sayuran persilangan  seperti brokoli, kembang kol, kale, kubis, dan bok choy mengandung phytonutrients yang membantu tubuh memproduksi  glutathione yang merupakan antioksidan dan detoksifier (pembuang racun) yang utama dalam tubuh.

Ini disampaikan pemilik The UltraWellness Center di Lenox, Massachusetts, Mark Hyman, M.D. Makanan detoks lainnya termasuk daun randa tapak atau daun dandelion (dandelion greens) yang melancarkan cairan empedu.

Lalu ada dua varian seledri. Yakni celery yang meningkatkan pembuangan urine. Serta cilantro yang bisa menyingkirkan logam-logam berat dalam tubuh seperti merkuri dan timbal (lead). Tambahkan secangkir teh hijau ke dalam daftar tersebut untuk metabolisme Anda.

“Anggap setiap makanan itu kesempatan untuk menyembuhkan diri. Jika Anda mengonsumsi makanan yang tepat, tubuh juga akan mengeliminasi masalah-masalah seperti lelah, kembung, dan brain fog (kabut otak, dengan ciri sering lupa atau mudah hilang konsentrasi).