Tepat Memasak Makanan Berlemak [playbuzz]

Tepat Memasak Makanan Berlemak

PinkKorset.com, Jakarta – Makanan berlemak perlu dimasak dengan tepat agar mendapat nutrisi yang baik dan menjuhkan dari zat berbahaya.

Makanan yang lezat biasanya mengandung lemak. Semua makanan yang dikonsumsi tidak terlepas dari kandungan lemak. Meski nikmat, Anda perlu memerhatikan teknik memasaknya.

Untuk mendapatkan nilai kalori yang rendah dan menghindari risiko munculnya zat karsinogen, sebaiknya minimalkan teknik menggoreng. Anda bisa memasak ikan dengan cara kukus dan bakar.

Emilia Achmadi, Clinical Dietitian, Food & Nutrition Expert memberikan contoh memasak yang lebih menyehatkan.

“Terong balado bisa dipangkas setengah kalorinya dengan mengganti proses goreng terong menjadi bakar. Kurangi santan pada masakan bersantan dengan susu cair,” kata Emilia Achmadi saat acara Jakarta Food Editors Club ke-14 di Jakarta.

Menurutnya, cara memasak seperti ini ampuh mengurangi jumlah kalori. Mengganti santan dengan susu menjadi alternatif mengurangi kalori.

“Perbandingannya, 100 ml susu full cream menghasilkan 180 kalori. Sedangkan 100 ml santan perasan pertama menghasilkan 750 kalori,” ujar Emilia menjelaskan.

Lebih lanjut, Emilia menyarankan menumis, mengoven, memanggang dan mengukus lebih baik daripada menggoreng.