Norwegia, Tempat Terbaik untuk Ibu [suedanielsphotography]

Norwegia, Tempat Terbaik untuk Ibu

PinkKorset.com – Hasil sebuah survei menyebutkan, Norwegia adalah negara terbaik untuk seorang ibu.

Menurut laporan survei tahunan Save The Children yang dirilis awal Mei ini, Norwegia adalah negara terbaik bagi seorang Ibu. Sementara itu, Amerika Serikat (AS) berada di peringkat ke-33 dan Indonesia ke-112.

Tahun sebelumnya, AS menempati urutan ke-31 di dalam laporan bertajuk World’s Mother itu. Negara lain yang juga mengalahkan AS adalah Finlandia, Islandia, Denmark, Swedia.

Survei ini memeringkat 179 negara berdasarkan kelahiran dan kesehatan anak, akses anak-anak untuk memperoleh pendidikan, serta status politik dan ekonomi perempuan yang sudah memiliki anak.

Adapun Somalia, menjadi negara terburuk untuk seorang ibu. Bahkan, sekitar 15% anak-anak di negara ini tak pernah hidup untuk merayakan ulang tahun kelima. Republik Kongo, Republik Afrika Tengah, dan Mali juga terbawah.

Temuan lainnya dari survei ini adalah tingkat kematian bayi di Washington DC, AS. Tercatat 6,6 meninggal dunia per seribu kelahiran dan membuat kota ini menjadi yang paling berbahaya untuk melahirkan bayi.

Diantara 50 kota terbesar di AS, Cleveland, Detroit, Baltimore, Memphis, dan Raleigh termasuk kota-kota dengan angka kematian bayi terbesar. Prematur adalah penyebab kematian bayi terbesar di Detroit, selain kemiskinan.

Ini sangat kontras dengan Ibukota Republik Ceko, Praha, yang mencatatkan angka kematian saat melahirkan paling rendah. Yakni 1,6 bayi per seribu kelahiran.

“Angka bertahan hidup untuk Ibu dan bayinya bergantung dengan ekonomi negara tersebut,” ujar Carolyn Miles, chief executive Save the Children AS, dalam keterangan resminya.

Sementara itu, 10 negara sebagai tempat paling tidak nyaman bagi seorang ibu adalah di negara-negara di Afrika, termasuk Sierra Leone dan Gambia, karena negara-negara tersebut masih terjadi konflik dan perang.