Ingin Dapat Promosi? Sediakan Secangkir Kopi

PinkKorset.com – Secangkir kopi ternyata bisa membawa perubahan positif di tempat kerja.

Sebuah studi menunjukkan bahwa membuat secangkir kopi untuk kolega, meningkatkan kemungkinan Anda dipromosikan di tempat kerja.

Penelitian yang dilakukan Russell Hobbs dari Inggris menunjukkan bahwa 56% pekerja enggan membuatkan rekan kerja mereka secangkir minuman panas. Mereka biasanya menyelinap ke dapur untuk membuat secangkir kopi hanya untuk diri mereka sendiri.

Hal ini dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu, sedangkan satu dari lima responden (19%) melakukannya lebih dari sekali dalam sehari.

Sikap ini sebenarnya dapat merusak status sosial mereka di kantor. Pasalnya, mereka yang membuatkan kopi untuk rekan kerja, sering tersenyum dan lebih populer.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa seperlima responden mengaku tidak memiliki cukup waktu untuk orang lain, sepertiga responden (36%) merasa malu dengan keterampilan membuat teh yang buruk.

Satu dari tujuh responden (14%) tidak ingin diganggu dan seperlima responden yakin, rekan kerja mereka begitu rewel dan lebih suka membuat kopi sendiri.

Corrine Sweet, Relationship Psychologist mengatakan bahwa saat ini orang begitu stres di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi keseharian mereka.

Itulah yang membuat mereka butuh waktu untuk diri mereka sendiri (me time), dengan menyelinap ke dapur untuk membuat sup atau kopi. Orang-orang pun melakukannya lebih sering ketika mereka merasa tertekan.

“Namun, tidak membuatkan secangkir kopi untuk orang lain bisa memicu kebencian di kantor, dan akhirnya menghambat promosi,”ujarnya.