Butuh Kemauan Besar Untuk Detoks Digital [sowhatfaith]

Butuh Kemauan Besar Untuk Detoks Digital

PinkKorset.com – Ketergantungan terhadap gadget dalam keseharian menimbulkan ‘racun’ digital yang menyebabkan stress. Beberapa langkah ini mampu mengusirnya. Apa saja?

Saat ini, hampir seluruh lapisan masyarakat tidak terlepas dari penggunaan gadget. Hampir seluruh orang bergantung pada smartphone untuk selalu terkoneksi dengan pekerjaan dan media sosial.

Pada satu sisi, kehadiran perangkat digital ini membantu mempermudah aktivitas sehari-hari. Namun, tak jarang orang justru ketergantungan dan berujung strees.

Inilah bentuk ‘racun’ digital yang kerap dijumpai pada masyarakat dewasa ini. diperlukan ‘detoks digital’ untuk mengembalikan orang yang Anda cintai, lingkungan dan diri sendiri.

Berguna pula untuk memperbaiki keseimbangan waktu tidur agar perasaan cemas dan depresi menurun. Enam langkah berikut ini bisa membantu Anda menghilangkannya.

Mengakui Anda Membutuhkannya

Anda perlu menilai seberapa besar dampak negatif dari smartphone. Seperti, merasakan sindrom getaran ponsel secara teratur, lelah akibat tidur bersama ponsel sehingga lupa kapan terakhir liburan dan tidak ingat bahwa tubuh memerlukan istirahat.

Rencanakan Hal Ini

Jangan hanya diucapkan. Lakukan lakukan dengan serius dengan perencanaan di kalender. Penelitian menyebutkan, menjadwalkan sesuatu secara prioritas di kalender dengan menulisnya dan mengumumkannya kepada saudara maupun teman akan berhasil dalam pelaksanaannya.

Biarkan Orang Lain Tahu

Bagi mereka yang mengalami ketidaknyamanan pada tingkat FOMO atau teman-teman merasa khawatir dengan keheningan digital Anda, buatlah status di Facebook maupun Twitter jika memang benar-benar perlu.

Tapi, beberapa hari sebelum detoks digital buatlah orang-orang menyadari bahwa Anda tidak terjangkau (kecuali saat darurat).

Pikirkan Cara Habiskan Waktu Bebas dari Teknologi

Fokuslah pada hal-hal yang menakjubkan yang tak bisa diperoleh saat terjerat teknologi. Misalnya, benar-benar menikmati makan siang buatan sendiri atau rileksasi di kelas yoga tanpa ponsel.

Studi baru-baru ini menyebutkan, melamun  membantu meningkatkan mood yang bermanfaat pada hubungan Anda dengan orang sekitar.

Renungkan Apa Yang Anda Harapkan

Sebelum melakukan detoks digital, Anda perlu memikirkan apa saja yang dibutuhkan dalam pengalaman ini dan pencapaiannya. Pengaturan niat menjadi alat yang cukup kuat untuk diwujudkan.

Lakukanlah!

Anda mungkin merasa ragu, meskipun merasa sudah siap. Lakukanlah detoks digital! Siapa tahu, setelah ini Anda mendapatkan pengalaman tak terlupakan yang meningkatkan kualitas hidup.

digital-detoks-585