Pangkas Asupan Gula Tambahan [sheknows]

Pangkas Asupan Gula Tambahan

PinkKorset.com – Batasi konsumsi makanan olahan bila Anda ingin lakukan diet sehat dan rendah gula.

Mulailah mengonsumsi makanan utuh dan bukan makanan olahan. Diana Bearden, pengawas nutrisi klinik MD Anderson  menyarankan Anda mengurangi makanan olahan.

“Misalnya konsumsi buah persik segar ketimbang buah persik kaleng. Persik dalam kaleng direndam dalam sirup dengan gula tambahan,” katanya.

Sementara itu, Anda akan sulit menerka jumlah gula tambahan pada makanan olahan. Pasalnya, sebagian besar produsen tidak mencantumkan jumlahnya.

Bagi Anda yang menjalankan diet, beberapa langkah ini bisa mengurangi asupan gula tambahan, antara lain:

Belanja di Luar Supermarket

Beragam sayuran dan buah-buahan segar yang dijajakan di luar supermarket maupun di pasar tradisional justru memberikan banyak nutrisi ketimbang makanan olahan. Mempelajari makanan olahan akan membantu mengidentifikasi kerentanan Anda.

Ubah Cara Konsumsi Gula

Carilah makanan yang mengandung gula tinggi dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih sehat. Misalkan menyantap apel panggang dengan kayu manis. Tetapi, bukan mengudap apel yang diolah menjadi pie atau sajian manis lainnya. Anda juga bisa memulainya dengan mengurangi gula pada teh dan kopi.

Masak dari Awal

Membuat makanan dari awal akan memberikan Anda kontrol lebih besar atas baha-bahan yang digunakan. Anda bisa membuat hidangan lebih sehat.

Pikirkan Apa Yang Anda Minum

Soda, minuman berenergi maupun minuman olahraga mengandung gula. Jadi, periksa label minuman sebelum Anda pilih.

Begitu juga meneguk jus buah kemasan. Walaupun tidak mengandung gula tambahan, tetapi banyak nutrisi alami seperti serat, mungkin saja sudah dihilangkan.

Cobalah untuk minum air putih lebih banyak. Agar tidak selalu tawar, beri potongan buah segar ke dalam segelas air putih Anda (infused water).

Dengan mengurangi gula tambahan berarti mengurangi asupan kalori dan menjaga berat badan ideal.