Satu dari 3 Pasien Muda Kanker Kolon Berkaitan Genetik [BBC]

Satu dari 3 Pasien Muda Kanker Kolon Berkaitan Genetik

PinkKorset.com, Amerika Serikat – lebih dari sepertiga kanker kolon didiagnosa pada pasien muda yang disebabkan mutasi gen yang diwariskan.

Penelitian University of Texas MD Anderson Cancer Center menemukan sepertiga dari kanker kolorektal didiagnosis sebelum usia 35 dipicu faktor keturunan.

Penyakit ini disebut kanker kolorektal herediter (hereditary colorectal cancer), yakni kanker usus besar yang diwariskan dari orang tua.

Kasus kanker usus jenis ini relatif jarang secara keseluruhan. Namun, cenderung lebih umum didiagnoss pada usia dibawah 50.

Tapi sayangnya, para peneliti mengakui prevalensi mereka di kalangan remaja dan dewasa muda belum didokumentasi dengan baik.

Penelitian ini melibatkan 193 pasien berusia 35 dan lebih muda yang didiagnosis kanker usus besar dan menjalani tes genetik antara 2009 dan 2013.

“Kami sangat terkejut menemukan 35% pasien memiliki penyakit genetik. Meskipun kita telah menghipotesa proporsi akan lebih tinggi pada kelompok usia ini relatif terhadap populasi umum,” kata Dr. Eduardo Vilar-Sanchez, pemimpin penelitian sekaligus asisten profesor di Clinical Cancer Prevention, University of Texas MD Anderson Cancer Center.

Studi ini dipublikasikan pada Senin (20/7/2015) di Journal of Clinical Oncology. Lebih lanjut, Vilar-Sanchez mengatakan perlu adanya evaluasi pada pasien di bawah usia 35 oleh konselor genetik secara periodik.

“Jika mereka menemukan mereka memiliki penyakit genetik, mereka bisa berbagi informasi dengan orang tua, saudara dan anggota keluarga mereka untuk mengetahui risiko genetik,” katanya.

Kanker kolorektal herediter merupakan kanker paling umum ketiga di Amerika Serikat, dengan lebih dari 90.000 diagnosa baru diduga pada tahun ini.

Para peneliti mencatat orang tua di atas usia 50 akan mencapai sekitar 90% dari kasus tersebut.