Muluskan Bibir Kering Tanpa Lip Balm [dietvegas]

Muluskan Bibir Kering Tanpa Lip Balm

PinkKorset.com – Solusi bibir pecah-pecah tidak selalu memulas bibir dengan lip balm. Pengobatan ayurveda memberikan solusi yang unik.

Musim kemarau seperti saat ini menurunkan kelembaban kulit dan tidak terkecuali pada bibir. Bibir pecah-pecah akibat dehidrasi karena cuaca panas bisa berujung pada rasa perih hingga berdarah.

Bila selama ini, memulas bibir dengan lip balm menjadi cara paling umum. Tapi tidak dengan pengobatan tradisional asal India, Ayurweda.

Ayurweda memulihkan kelembaban bibir dari dalam tubuh dengan cara mengoleskan ghee (mentega khas India, berasal dari lemak susu sapi) pada pusar.

Menurut Ayurweda, pusar merupakan salah satu bagian terpenting tubuh manusia.

Dalam metode pengobatan tradisional ini tiga doshas/Tridosha (cairan tubuh) yaitu vata, pitta dan kapha.

Vata bersifat angin (ruang dan udara) yang berguna memobilisasi fungsi sistem saraf dan memengaruhi pada gejala perut kembung, asam urat dan rematik.

Sementara pitta adalah cairan empedu yang terletak diantara perut dan usus serta diproduksi hati. Sifat cairan ini adalah panas dan berkaitan pada sistem metabolisme pencernaan.

Sedangkan kapha yakni prinsip cairan tubuh yang berkaitan dengan lendir, pelumasan dan pembawa nutrisi.

Vata dianggap terletak pada pusar. Orang yang memiliki unsur vata berlebih, cenderung memiliki kulit kering dan tipis.

Untuk menyeimbangkannya bisa menggunakan ghee. Caranya dengan memanaskan ghee hingga mencair. Tunggu beberapa saat sampai ghee tidak terlalu panas.

Dengan media kapas, Anda bisa mengoleskannya di pusar. Anda juga bisa mengoleskannya dengan tangan yang sudah dicuci bersih.

Ghee yang berlebih bisa dipulaskan di bibir untuk membantu melembabkan bibir sementara. Ghee dapat diperoleh di swalayan besar atau supermarket bahan makanan India.

Belum Ada Berita Terkait