Hubungan Jumlah Tahi Lalat dan Melanoma [lifestyleclinic]

Hubungan Jumlah Tahi Lalat dan Melanoma

PinkKorset.com – Jumlah tahi lalat di tubuh Anda ada hubungannya dengan risiko mengidap kanker kulit atau melanoma.

Jika Anda memiliki banyak tahi lalat, jangan panik dulu. Coba perhatikan apakah seperti berikut ini.

tahi-lalat-585

Menurut sebuah riset terbaru, orang yang memiliki banyak tahi lalat memang berisiko mengidap melanoma.

Namun, orang yang tahi lalatnya lebih sedikit malah memiliki kemungkinan lebih tinggi dalam mengidap kanker kulit ganas.

Dalam studi ini, periset menganalisa catatan medis 281 pengidap melanoma. Sebanyak 89 orang memiliki lebih dari 50 tahi lalat dan 192 lainnya di bawah 50.

Pasien yang memiliki kurang dari 50 tahi lalat mengidap melanoma yang lebih tebal dan agresif, serta terdiagnosa di usia mendatang.

Studi ini dipresentasikan di sebuah pertemuan American Academy of Dermatology di New York City, Amerika Serikat, pekan ini.

“Dokter biasanya mengedukasi pasien dengan jumlah tahi lalat banyak, mengenai risiko mengidap melanoma,” kata penulis studi ini, Dr. Caroline Kim.

Dr. Kim adalah direktur klinik pigmentasi di Beth Israel Deaconess Medical Center serta asisten profesor dermatologi di Harvard Medical School, Boston, AS.

Ini sebabnya mengapa orang yang memiliki banyak tahi lalat rajin diperiksa kulitnya. Sehingga, melanoma bisa terdeteksi pada tahap awal ketika masih tipis dan tak agresif.

Faktor lainnya yang mempengaruhi risiko ini adalah biologi. Secara genetik, kata Dr. Kim, melanoma tak selalu sama.

Studi ini merupakan hasil awal yang masih harus diperdalam lagi sebelum muncul di jurnal yang diperiksa oleh para dokter dan pakar. Dr. Kim menyadari hal ini.