Serius Mau Berhenti Merokok? [google]

Serius Mau Berhenti Merokok?

PinkKorset.com – Merokok benar-benar bukan gaya hidup yang patut diterapkan. Namun, berhenti juga tak mudah dan seringkali perokok dituding tak serius.

Merokok sama sekali tak memberi manfaat baik. Namun, meyembuhkan diri dari kecanduan kadang easier said than done.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar benar-benar berhenti merokok.

Minum Air Dingin

Meminum air dingin dengan sedotan membantu mengganti gerakan mengisap rokok. Juga melepaskan dopamin, zat kimia di otak yang membantu menghilangkan bad mood. Makanan yang memiliki aroma tajam juga membantu menghilangkan hasrat ingin merokok.

Catat Dampak Positif

Tak perlu menunggu lama menikmati hidup sehat tanpa rokok. Tulislah hal-hal baik yang terjadi pada tubuh, begitu Anda berhenti merokok. Misalnya, memiliki lebih banyak uang, bisa mencium aroma dengan lebih baik, merasakan makanan lebih sedap, serta tubuh lebih enerjik. Saat hasrat ingin merokok muncul, baca lagi hal-hal baik itu.

Sering Menyikat Gigi

Salah satu keuntungan berhenti merokok adalah mulut terasa lebih enak dan napas tak lagi bau. Sering-seringlah menyikat gigi. Dengan begitu, Anda akan mengurungkan niat merokok karena tak ingin mengotori mulut yang sudah bersih dan segar itu.

Temukan Area Bebas Rokok

Saat keinginan merokok muncul, cari tempat yang tak mengizinkan Anda melakukannya. Bioskop, perpustakaan, toko, atau bahkan kamar anak. Semakin menarik tempat itu, semakin mudah menghilangkan keinginan merokok.

Alasan Kuat Untuk Berhenti

Buat daftar alasan mengapa Anda harus berhenti merokok. Salin dan tempelkan di tempat-tempat Anda menghabiskan waktu. Dapur, kantor, cermin, kamar mandi, hingga sebelah tempat tidur. Letakkan di tempat yang mudah terlihat sehingga Anda selalu ingat. Beberapa mantan perokok mengungkapkan, letakkan foto keluarga di sebelah daftar tersebut untuk lebih membantu.

Aktif Bergerak

Gaya hidup aktif menyingkirkan hasrat merokok. Tubuh yang aktif akan mengeluarkan zat kimia baik yang meningkatkan mood dan melepas stres. Mulailah olah raga secara teratur, terutama di bulan pertama Anda berhenti. Padatkan kalender Anda selama dua bulan pertama. Minta dukungan teman dan keluarga untuk ikut membantu mengingatkan. Semakin sibuk, semakin berkurang keinginan merokok.

Makan Sesuatu

Saat ingin merokok, gunakan mulut Anda untuk makan permet karet atau snack sehat. Kurangi konsumsi kafein berlebihan karena bisa menyebabkan stres dan tegang. Jika kafein membuat tubuh Anda merasa tak enak, segera kurangi atau hentikan.

Usir Bad Mood

Emosi negatif biasanya alasan orang kembali merokok. Bad mood bisa menimpa siapa saja. Jika terjadi saat Anda berusaha berhenti merokok, segera alihkan perhatian. Hubungi kawan Anda atau lakukan hal lain yang menyenangkan. Jauhi mereka yang tak mendukung upaya untuk hidup lebih sehat itu.

Sabar

Begitu melewati dua pekan pertama, Anda sudah berada di jalur yang tepat untuk menikmati dunia bebas nikotin. Tapi tetap harus bersiap terhadap kemungkinan gagal. Ingat, sekali gagal bukan berarti Anda kehilangan kesempatan. Introspeksi diri, cari tahu di mana kesalahan Anda dan cari cara agar tak terjadi lagi.