Diare? Jangan Buru-Buru ke Dokter [huffpost]

Diare? Jangan Buru-Buru ke Dokter

PinkKorset.com, Jakarta – Anda mengalami diare tanpa darah? Buru-buru ke dokter tarnyata bukanlah salah satu solusinya.

Tahukah Anda? Muntah dan diare adalah cara tubuh untuk membuang zat-zat beracun dari perut. Sehingga, mencegah kemungkinan racun tersebut terserap ke aliran darah.

Saat mengalami diare tanpa darah, apa hal pertama yang Anda siapkan? Obat untuk memampatkannya? Sayangnya, tindakan ini bukan hal yang tepat.

“Saat diare, yang penting adalah cairan. Yakni oral hidration solution atau yang kita kenal sebagai oralit,” kata dr. Nurul Itqiyah Hariadi dari Yayasan Orangtua Peduli (YOP).

Pasien diare harus terus diberi cairan agar tak lemas. Jadi, buru-buru ke dokter bukanlah solusi utamanya. Apalagi, memaksa dokter untuk memberi antibiotik.

“Perlu diketahui, diare tanpa darah sebagian besar disebabkan virus. Sekalipun disebabkan bakteri, tetap bisa sembuh dengan sendirinya,” lanjut dr. Nurul.

Namun begitu, pasien perlu segera ke dokter begitu mengalami muntah-muntah sehingga tak bisa mempertahankan cairan tubuhnya.

“Perlu ke dokter saat baru diberi cairan, muntah beberapa saat kemudian dan terus berulang-kali,” imbuhnya.

Adapun diare dengan darah biasanya terjadi karena lapisan usus sedang tidak dalam kondisi normal, sehingga perlu segera ditangani lebih lanjut.