Akhirnya Firefox Masuk iOS [nurizmo]

Akhirnya Firefox Masuk iOS

PinkKorset.com – Web browser terbesar kedua di dunia ini akhirnya memasuki sistem operasi milik Apple, iOS.

Awal tahun ini Mozilla mulai mengerjakan browser untuk iOS karena melihat kesempatan yang baik untuk memperbaiki diri sehingga bisa masuk iOS 8.

“Kami ingin membawa Firefox ke setiap bahasa, platform, dan perangkat gadget,” tulis Mozilla dalam blog resminya. Apple enggan berkomentar mengenai masuknya Firefox ke iOS.

Aplikasi gratis yang pernah dibuka saja secara preview di Selandia Baru sejak September lalu akhirnya mengikuti kesuksesannya setelah muncul di aplikasi Android milik Google pada 2011 silam.

Mozilla, perusahaan non profit yang membuat Firefox, terus berbenah diri agar bisa menjadi bagian dari Apple. Sebab, perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini memiliki kebijakan ketat terhadap pengembang aplikasi pihak ketiga.

Terutama, kebijakan terkait pengembangan software. Apple tidak ingin menyetujui pengembang aplikasi yang memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi buatan mereka sendiri. Sebagaimana diketahui, Apple sudah memiliki web browser, Safari.

Firefox memiliki pangsa pasar sekitar 10% untuk web browser komputer dan mobile di seluruh dunia, menurut data StatCounter. Adapun browser yang paling banyak digunakan adalah Chrome miliki Google dengan 48%.