9 Faktor Risiko Penyakit Kardiovaskular

PinkKorset.com, Jakarta – Sebagian besar penyakit pembuluh darah atau kardiovaskular ternyata disebabkan sembilan faktor risiko.

Badan kesehatan dunia, WHO (2014) melansir, kardiovaskular menjadi penyebab 37% kematian yang merenggut nyawa 600.000 orang. Penyakit ini kerap disebut silent killer karena kemunculannya yang tidak disertai gejala.

Senior Cardiologist Gleneagles Hospital and Mount Elizabeth Novena Hospital Singapore, Dr. Peter Ting mengatakan,  penyakit kardiovaskular merupakan degerasi dan disfungsi pembuluh darah akibat pengerasan serta penyempitan di bagian tersebut.

“Penyempitan pembuluh darah sangat berbahaya karena suplai darah terhambat ke organ-organ tubuh,” katanya saat Health Talk bertajuk Memahami Penyakit Kardiovaskular di Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Dr. Ting menambahkan, penyempitan pembuluh darah pada jantung berisiko gagal jantung, maupun serangan jantung. Sedangkan penyempitan  pada otak menyebabkan stroke dan bila terjadi di mata menyebabkan kebutaan.

Bila terjadi penyumbatan pembuluh darah di ginjal, dapat berakibat gagal ginjal dan jika terjadi di pembuluh darah bawah (kaki) berujung amputasi.

Namun, Anda dapat mencegah terjadinya kardiovaskular bila mengetahui faktor risiko penyakit ini sejak awal.

Dr. Peter Ting mengatakan,  90% penyakit kardiovaskular disebabkan sembilan faktor risiko utama.

Faktor risiko tersebut adalah :
– Kolesterol tinggi
– Diabetes
– Hipertensi
– Kegemukan perut (buncit)
– Kurang aktivitas fisik/olah raga
– Kebiasaan merokok
– Stres
– Kebiasaan minum alkohol
– Nutrisi buruk