Belum Terbukti Infus Bisa Gantikan Ring Jantung [wikipedia]

Belum Terbukti Infus Bisa Gantikan Ring Jantung

PinkKorset.com, Jakarta – Kabar ini menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan pasien penyakit jantung. Benarkah cairan infus bisa menggantikan ring jantung?

Pasien jantung di Tanah Air mempertanyakan hal ini. Terutama sejak sebuah klinik di Jakarta mengedarkan broadcast pesan via sosial media untuk menawarkan alternatif pemasangan ring jantung dengan cairan infus.

Sayangnya, metode ini disanggah Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Prof. Dr. Ganesja M. Harimurti. Menurut Profesor Ganesja, profesi dokter jantung sudah mengeluarkan tanggapan resmi mengenai hal ini.

“Sampai sekarang evidence based-nya (pembuktian) enggak ada,” kata Prof. Ganesja di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut Prof. Ganesja menjelaskan, segala sesuatunya harus berdasarkan pembuktian agar tidak ‘membohongi’ pasien. Harus ada bukti bahwa obat tersebut bermanfaat. Jika tak ada bukti, maka hal tersebut berarti membohongi pasien.

“Apalagi sampai dikatakan tidak perlu pasang ring, itu pembohongan publik,” ucap Prof. Ganesja mengenai cairan infus yang diklaim bisa membersihkan plak pada pembuluh darah itu.

Cairan infus tersebut, berdasarkan pesan yang diedarkan, dihargai pada kisaran Rp750 hingga satu juta rupiah. Pengobatan bisa dilakukan dengan rawat jalan, maksimal 30 kali.

Adapun gejala awal penyempitan pembuluh darah di jantung (coronary artery disease/coronary heart disease) adalah sesak napas atau cepat lelah saat beraktivitas lumayan berat seperti naik tangga.

Penyakit ini dipicu beberapa hal, antara lain kolesterol total dan LDL tinggi, diabetes, stres, hipertensi dan merokok.