Menyusui Kurangi Risiko Diabetes Pada Ibu [empowher]

Menyusui Kurangi Risiko Diabetes Pada Ibu

PinkKorset.com – Sebuah penelitian menyimpulkan, para ibu yang memberikan ASI kepada anaknya mengurangi potensi penyakit diabetes tipe 2.

Studi ini dilakukan terhadap ibu yang memberikan ASI pada anaknya, minimal selama dua bulan. Lebih dari 50% berkurang risiko terkena diabetes tipe 2. Bahkan semakin lama memberi ASI, akan mengurangi potensi diabetes.

“Berdasarkan hasil studi ini, perempuan obesitas atau rentan diabetes khususnya pada masa kehamilan, dapat mencegahnya dengan memberikan ASI yang cukup kepada bayi,” ujar Erica Gunderson, peneliti senior Kaiser Permanente, California Utara, (AS), yang memimpin studi ini.

Hasil studi ini dipublikasikan di jurnal kesehatan Annals of Internal Medicine. Gunderson bersama timnya melakukan studi terhadap 900 orang selama dua tahun kepada ibu-ibu yang menderita diabetes selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Sekitar 12 persen menderita diabetes tipe dua. Bagaimana ibu-ibu memberikan ASI pada anaknya dibagi menjadi lima grup.

Yakni ibu-ibu yang memberikan ASI eksklusif, eksklusif susu formula, memberikan ASI kurang dari enam ons setiap harinya, memberikan susu formula lebih dari 17 ons per harinya, dan memberikan ASI dan susu formula bergantian.

Para ibu yang memberikan ASI eksklusif sekitar 54% turun potensi diabetesnya dibandingkan ibu yang memberikan susu formula eksklusif. Para ibu yang memberikan campuran susu formula dan ASI, turun potensi diabetes hingga sepertiganya.

Para ibu yang memberikan ASI eksklusif lebih dari 10 bulan, turun potensi diabetesnya hingga 57%. Gunderson berkata, laktasi memberikan sel yang memproduksi insulin di dalam tubuh beristirahat.

“Tubuh tidak harus membuat begitu banyak insulin untuk menurunkan gula darah. Menyusui menggunakan glukosa dan lemak dalam darah karena nutrisi ditransfer dari aliran darah ke dalam jaringan payudara untuk produksi susu,” terangnya.