15 Menit Demi Keluarga Harmonis [deseretnews]

15 Menit Demi Keluarga Harmonis

PinkKorset.com, Jakarta – Untuk mewujudkan keluarga yang lebih harmonis, luangkan waktu setidaknya 15 menit dalam sehari.

Dalam waktu yang cukup singkat tersebut, Anda dapat memanfaatkan untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lain. Komunikasi yang berkualitas akan mengungkapkan cerita-cerita baru setiap anggota keluarga. Selain itu, komunikasi yang berkualitas membuat keluarga menjadi lebih harmonis dan semakin erat.

“Minimal 15 menit sehari akan membuka banyak cerita baru yang membuat komunikasi berkualitas dan keluarga menjadi bahagia. Ini akan mengungkap sisi lain dari anggota keluarga,” kata Psikolog Anak & Keluarga Anna Surti Ariani, di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Menurut psikolog yang akrab disapa Nina, melalui cerita-cerita baru yang ditemukan, seperti pengalaman unik, keinginan, hobi, kesukaan dan cita-cita, maka keluarga akan semakin dekat.

“Anggota keluarga yang membuka diri secara mendalam dapat saling menghargai dan memahami lebih baik antara satu sama lain serta saling mendukung sebagai keluarga yang utuh,”ujarnya.

Cerita-cerita baru yang dilontarkan akan menimbulkan banyak kebahagiaan di dalam diri setiap anggota keluarga. Dengan adanya cerita-cerita baru, rumah akan terasa lebih hidup dan nyaman untuk ditinggali.

Keluarga yang bahagia tentu memiliki anggota keluarga yang juga bahagia. Jika suatu keluarga hanya mementingkan kegiatannya masing-masing, maka hidup akan terasa bosan.

“Misalnya anggota keluarga yang pulang ke rumah terus langsung tidur tanpa ada cerita, dan paginya mereka langsung pergi beraktivitas, itu akan sangat membosankan. Itu akan berbeda kalau ada cerita di dalamnya,” kata Nina menjelaskan.

Nina mengakui, kadang cerita baru tidak selalu harus cerita yang positif. Bisa juga terungkap cerita dari masa lalu yang kurang menyenangkan.

Ia pun menyarankan bagi anggota keluarga yang ingin menceritakan pengalaman masa lalunya yang pahit sebaiknya didukung oleh suasana. Jangan bercerita di pagi hari, saat semua sedang sibuk untuk memulai beraktivitas. “Bangun suasana yang mendukung, yakni duduk bersama, jauhkangadget, pokoknya senyaman mungkin. Agar tidak terjadi kesalahpahaman,” sarannya.

Komunikasi antar keluarga (suami-istri serta anak) perlu digalakkan. Dalam sebuah riset yang dilakukan Sariwangi terhadap para ibu di Indonesia, 68% responden merasa sering ketemu dengan anggota keluarga. Namun, 96% mengaku masih membutuhkan waktu lebih banyak bertemu. Seringnya intensitas bertemu dinilai belum menjamin terjalin komunikasi yang berkualitas.

Sariwangi gelar kompetisi

PinkKorset

PinkKorset

Sariwangi 15 Menit Cerita Baru merupakan salah satu rangkaian Gerakan Sariwangi 15 Menit Sehari yang telah berlangsung sejak 2013. Gerakan ini bermula dari kampanye Mari Bicara pada 2008, yang menyinggung komunikasi suami-istri. Tahun 2013 mulai mengarah ke anak, dengan tema Spend Time Together. Lalu 2014 mengedepankan tema Sharing.

Untuk menggalakkan tema Cerita Baru, Sariwangi memberikan inspirasi melalui tulisan yang terdapat di tiap kantong teh.

Selain itu, diadakan juga kompetisi dengan mengirimkan cerita baru dan harapan masing-masing keluarga. Tiga orang pemenang akan diwujudkan harapannya dan 20 pemenang favorit akan mendapat uang belanja.

Kompetisi ini berlangsung sejak Maret – Mei 2015, info lebih lanjut terdapat di www.mari-bicara.com, Facebook fanpage Sariwangi atau dropbox di hypermarket serta supermarket tertentu.