4 Bank Digaet Untuk Fasilitasi Pembangunan KA-Soetta [tempo]

4 Bank Digaet Untuk Fasilitasi Pembangunan KA-Soetta

PinkKorset.com, Jakarta – Dalam rangka mempercepat pembangunan sarana dan prasarana Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta (Soetta), empat bank besar di Indonesia digaet.

Pihak KAI dan PT Railink melakukan penandatanganan perjanjian kredit sindikasi dengan empat bank, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Central Asia (BCA), PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Bank Mandiri.

Keempat bank ini memberikan fasilitas kredit sebesar Rp1,449 triliun kepada PT KAI atau 84% dari total biaya proyek pembangunan prasarana. Selain memberikan sindikasi kredit pada PT Railink sebesar Rp612 miliar atau 85% dari total biaya pengadaan sarana KA Bandara Soetta.

Kedua perjanjian kredit ini berlaku untuk jangka waktu kredit selama 14 tahun sejak ditandatangani.

“Dengan adanya perjanjian kredit yang dilakukan antara PT KAI dan PT Railink bersama dengan empat bank sindikasi ini, diharapkan pembangunan prasarana dan sarana KA Bandara Soetta dapat segera selesai sesuai dengan target,” ujar Direktur Keuangan KAI, Kurniadi Atmosasmito, di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Pembangunan KA Bandara Soetta ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) No.83 tahun 2011 tanggal 24 November 2011 tentang penugasan kepada PT KAI untuk menyelenggarakan prasaran dan sarana KA Bandara Soetta dan jalur lingkar Jabodetabek.