Amankan Rumah Saat Liburan & Mudik [cityanywhere]

Amankan Rumah Saat Liburan & Mudik

PinkKorset.com – Khawatir karena rumah kosong sementara Anda sekeluarga sedang berlibur atau mudik? Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankannya.

Tak perlu gusar ketika harus mengajak seluruh anggota keluarga berlibur. Ada banyak cara seperti berikut ini untuk mengamankan rumah Anda.

Minta Tolong Teman

Carilah seorang teman atau kenalan yang bisa dipercaya dan mau menginap di rumah Anda untuk menjaganya selama kosong. Sampaikan padanya bahwa Anda sangat percaya dan buatlah dia merasa nyaman. Namun jika tak mungkin, titipkan saja kunci pada tetangga atau penjaga keamanan dan minta mereka mampir setiap beberapa hari sekali.

Tak Perlu Pengumuman

Tak perlu mengumumkan di sosial media bahwa Anda sekeluarga mengosongkan rumah untuk pergi berlibur. Bersabar dan tunggulah saat Anda sampai di rumah baru share semua foto via akun media sosial. Jangan beri kesempatan bagi orang tak dikenal untuk menyatroni rumah Anda dan isinya.

Jangan Buat Perubahan Drastis

Misalnya menutup semua tirai, yang membuat orang ‘iseng’ menyadari bahwa rumah Anda sebenarnya kosong. Biarkan beberapa tirai terbuka, tapi pindahkan barang-barang berharga sehingga tak terlihat dari luar.

Gunakan Timer Lampu

Biasanya, orang berasumsi ada orang di rumah jika lampu beranda dan dalam rumah mati dan nyala sesuai waktu yang ditentukan. Timer akan menyalakan lampu secara otomatis saat hari sudah gelap, dan mematikannya saat terang. Selain mencegah tindakan kriminal, Anda juga menghemat listrik.

Tak Ada Salahnya Memakai Sistem Alarm

Memang terdengar mahal. Tapi Anda pasti tak keberatan mengeluarkan sejumlah uang demi liburan atau mudik tenang dan nyaman. Memasang sistem alarm ini berarti jika ada yang membobol rumah Anda, aparat keamanan akan langsung dihubungi secara otomatis.