Anak Mau Makan Sayur, Asalkan… [huffpost]

Anak Mau Makan Sayur, Asalkan…

PinkKorset.com – Hampir semua orangtua merasa sulit membuat anak-anaknya suka makan sayuran.

Akhirnya, banyak pula orangtua yang menyimpulkan anak-anak pasti membenci sayuran meski sudah diolah dengan lezat. Benarkah begitu?

Salah. Sebuah studi di Amerika menunjukkan, anak-anak makan sayur 30% lebih banyak di sekolah mereka jika yang menyajikannya koki profesional.

Riset yang diterbitkan di situs Journal of the American Medical Association ini merupakan kabar baik untuk memerangi obesitas pada anak.

“Ini menunjukkan pentingnya fokus pada rasa makanan,” kata Juliana Cohen dari Department of Nutrition di Harvard University yang memimpin riset tersebut.

Hasil riset juga menunjukkan, sekolah tak seharusnya meniadakan beberapa pilihan makanan sehat meski para pelajar menentangnya.

Sekitar 32 juta anak-anak Amerika menyantap makan siang di sekolah setiap harinya. Pelajar dari keluarga menengah ke bawah malah terpangkas setengah kebutuhan kalorinya.

Riset digelar pada tahun ajaran 2011-2012 di 14 SD dan SMP. Sekolah-sekolah tersebut terletak di dua distrik berpendapatan menengah ke bawah di Negara Bagian Massachusetts.

Sebanyak 2.638 pelajar berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil akhirnya menunjukkan, dengan ketekunan, anak usia sekolah bisa diajarkan untuk menyukai beberapa makanan sehat.

“Seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayur mayur. Terutama jika rasanya lezat,” kata Eric Rimm, periset senior yang seorang pengajar di Harvard.