Anak ‘Pinggiran’ Rentan Bunuh Diri [southcentralhealth]

Anak ‘Pinggiran’ Rentan Bunuh Diri

PinkKorset.com – Sebuah studi mengungkap, anak-anak muda yang tinggal di pinggiran kota ternyata rentan bunuh diri.

Studi yang dilakukan JAMA Pediatrics menyebutkan, anak muda yang tinggal di pinggiran kota rentan melakukan bunuh diri dua kali lipat dibandingkan anak muda yang tinggal di tengah kota.

Profesor dari Universitas Washington, Frederick Rivaramengatakan, kebijakan mengenai kepemilikan senjata api tidak mempengaruhi tingkat kematian bunuh diri.

“Masalah tingginya angka bunuh diri dan isu kepemilikan senjata api sangat kompleks jika dihubungkan dengan masalah kesehatan publik. Akan tetapi, di AS keduanya berhubungan erat,” ujar Frederick.

Meski tak ada penjelasan lebih lanjut, perbedaan geografis tempat tinggal disebut-sebut sebagai pemicu utama. Ini karena orang kota dapat lebih banyak akses kesehatan.

Selain itu, pengguna senjata api lebih banyak terdapat di pinggiran kota. Studi ini melibatkan lebih dari 66 ribu anak muda berusia 10-24 tahun di AS yang bunuh diri antara 1996-2010.

Sekitar setengah dari angka itu menggunakan senjata api untuk mengakhiri hidupnya, sepertiga lainnya gantung diri. Di pinggir kota, hampir 100% menggunakan senjata api untuk bunuh diri.

Studi ini juga menunjukkan, orang-orang yang tinggal jauh dari kota memiliki akses sosial yang rendah sehingga memiliki tingkat pengangguran dan depresi individual yang tinggi.