Buaya Ternyata Tidur Dengan Satu Mata [BBC]

Buaya Ternyata Tidur Dengan Satu Mata

PinkKorset.com – Beberapa binatang, seperti buaya, ternyata hanya menutup satu mata mereka saat tidur.

Dalam studi yang dilakukan para ahli binatang di Australia, seekor buaya tidur ternyata dapat tidur dengan satu mata tertutup. Perilaku unik ini sama dengan binatang lainnya seperti lumba-lumba dan sejumlah spesies reptil dan burung.

Dipublikasikan dalam Jurnal Eksperimen Biologi, para peneliti mengungkapkan bahwa buaya yang tidur dengan satu mata, membiarkan satu belahan otak istirahat. Sedangkan setengahnya tetap aktif dan waspada.

Buaya dalam penelitian ini, diperkirakan menutup satu mata mereka saat tidur, ketika ada manusia di dekatnya. Mata tunggal ini mungkin membuat buaya waspada terhadap gerak-gerik manusia.

close-up of crocodile with half-closed eye

Penulis jurnal senior dari La Trobe University di Melbourne, Australia John Lesku, mengatakan bahwa satu mata tertutup saat tidur menjadi bagian dari latihan mereka untuk mengelabui siapa saja yang ingin memangsa buaya.

“Mereka sudah pasti mengawasi gerak gerik manusia jika berada di ruang tertutup. Namun, saat manusia meninggalkan ruangan tersebut, mata buaya akan terus memperhatikan lokasi manusia tadi, menunjukkan mereka mewaspadai adanya potensi ancaman,” ujar Lesku.

Eksperimen ini dilakukan di dalam sebuah akuarium dengan kamera inframerah untuk merekam gerak-gerik buaya umur remaja, pada siang dan malam hari.

“Binatang seperti ini tidak mudah untuk mengawasinya. Jadi kami mengambil sampel dari spesies buaya tertentu yang memiliki panjang 40-50 cm,” ujarnya.

Selain menempatkan manusia di sebuah ruangan untuk periode tertentu, tim menguji reaksi buaya jika ada buaya lain yang lebih muda di ruangan tersebut. Ternyata cara ini juga membuat buaya dewasa tidur dengan satu mata saja.

Hal ini sesuai dengan apa yang sudah diketahui tentang unihemispheric sleep pada mamalia air seperti singa laut dan lumba-lumba, yang menggunanan satu mata untuk memastikan mereka tetap berada dalam grupnya.

Sebaliknya, burung menggunakan strategi ini untuk mewaspadai predator. “Dalam situasi yang mengancam, burung akan meningkatkan penggunaan tidur dengan satu mata dan menjaga mata mereka terbuka pada setiap potensi ancaman,” Dr Lesku menjelaskan.

Sea bird resting with one open eye facing the camera

Riset yang akan dilakukan selanjutnya adalah memastikan bahwa buaya yang tidur dengan satu mata tertutup, secara fisik hanya setengah tertidur.

Penelitian ke depan akan menggunakan rekaman elektrofisiolohi untuk melihat gelombang kedua belah otak saat buaya tidur.