Darimana Aroma Laut Berasal?

Bau khas lautan terkadang tercium hingga beberapa kilometer dari laut. Sebenarnya, darimana aroma itu berasal?

Dr. Uria Alcolombri ilmuwan dari Institut Weizmann, Israel mengatakan, aroma laut itu dikeluarkan oleh alga yang banyak hidup di permukaan air laut.

Alga adalah organisme sederhana mirip tumbuhan yang banyak terdapat di perairan. Alga yang memenuhi laut ternyata berasal dari spesies Emiliania huxleyi,  yakni alga yang banyak mengeluarkan senyawa unik bernama dimetilsulfida (DMS).

Senyawa yang dapat bercampur dengan udara itulah yang diyakini menimbulkan aroma khas lautan.

Mengingat aroma laut yang biasanya tercium sangat kuat, bahkan hingga beberapa kilometer dari laut, tidak mengherankan bila menurut Dr. Uria

Jumlah senyawa DMS yang dikeluarkan alga Emiliania sp.di seluruh belahan samudra mencapai 10 juta ton per tahun. Tak heran bila aroma laut kerap tercium beberapa kilometer dari laut, bukan.

Andrew Johnson, ahli genetika dari University of East Angelia mengatakan, aroma khas lautan berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup. Terutama karena fungsinya sebagai pemandu untuk datang ke perairan, yang memiliki jumlah makanan melimpah atau menemukan letak laut saat tersesat di daratan.

“Selain itu, DMS dapat membantu pembentukan awan yang otomatis meningkatkan tingkat curah hujan,” ujarnya.