Google Rayakan Hari Jadi Duke Kahanamoku

PinkKorset.com –  Situs mesin pencari raksasa Google pada Senin, 24 Agustus membuat doodle untuk memeringati Duke Kahanamoku. Siapa ia?

Pemilik nama lengkap Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku adalah penemu olah raga sirfing atau selancar. Anak tertua dari 6 bersaudara ini berasal dari keluarga terpandang di Hawaii.

Ayahnya adalah seorang polisi bernama Duke Halapu Kahanamoku. Nama ‘Duke’ diberikan, karena kunjungan Duke of Edinburgh bertepatan dengan kelahiran sang ayah.

Sebagai juara renang dunia kelahiran Hawaii 1890, Kahanamoku berhasil menyumbangkan 5 medali olimpiade.Ia pun turut mempopulerkan oalahraga berselancar, yang sebelumnya hanya dikenal di Hawaii.

Selancar diperkenalkan ke dunia pada 1915, saat Kahanamoku mengunjungi Australia. Saat itu, ia tampil dalam Sydney’s Freshwater Beach pada 23 Desember 1914.

Sedangkan saat kunjungannya ke Jepang pada 1917, terjadi gempa yang menimbulkan gelombang tinggi. Alih-alih berlindung, ia justru mendorong papan surfingnya dan mengejar ombak.

Pada 1925, saat ia tinggal di Newport Beach, California, ia juga tercatat melakukan penyelamatan dengan papan selancar paling dikenal dalam sejarah.

Kahanamoku meninggal pada 22 Januari 1968, di usia ke-77 tahun akibat serangan jantung. Ia pun dikuburkan di dasar laut dengan sebuah upacara kemiliteran.

Belum Ada Berita Terkait