Hasil Uji Beras Sucofindo dan BPOM Sama-sama Benar [producesafety]

Hasil Uji Beras Sucofindo dan BPOM Sama-sama Benar

PinkKorset.com – Perbedaan hasil laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Sucofindo mengenai beras plastik, dinilai tidak perlu diteliti kembali.

Guru Besar Institut Ilmu Pertanian Bogor (IPB), Dr. Ir Dwi Andreas mengatakan, terkait pengujian sampel temuan beras di Bekasi yang diduga sebagai beras plastik, masing-masing hasil dari kedua lembaga tersebut mempunyai hasil yang memang ditemukan pada proses penelitian.

“Kedua hasil dari BPOM dan Sucofindo ya sama-sama benar,” katanya, Kamis (28/5/2015).

Menurutnya, hasil yang dipublikasikan oleh Sucofindo bukan menyatakan temuan beras tersebut merupakan beras plastik. Namun, Sucofindo hanya menerangkan sampel beras tersebut memiliki senyawa-senyawa yang mengandung zat kimia plastik.

Sedangkan terkait hasil pemeriksaan oleh BPOM, Dwi menyatakan hasil tersebut juga benar. Ia menilai seperti itu karena memang BPOM hanya memberikan kesimpulan bahwa temuan beras di Bekasi itu bukan beras plastik.

“Nah jadi kalau begini sama-sama betul, maksud saya, pemeriksaan yang diteliti oleh Secofindo itu bukan menyatakan beras tersebut merupakan beras plastik, tapi hanya beras yang terkontaminasi oleh senyawa plastik. Oleh karena itu, BPOM juga menyatakan jika beras tersebut memang bukan beras plastik,” jelas Dwi.

Ia juga menambahkan, beras yang terkontaminasi tersebut bisa saja mengandung senyawa-senyawa plastik karena beberapa kondisi. Menurut Dwi, beras yang kualitasnya buruk lalu digiling kembali dan ada proses pemutihan bisa mengandung bahan kimia.

“Belum lagi ya bisa saja, beras yang sudah lama di gudang bulog kan terkontaminasi bisa. Karung beras kan berbahan plastik, bisa saja senyawanya tercampur karena terlalu lama didiamkan di dalam gudang,” katanya.