‘Hijab’ Bukan Sekadar Pembatas [lensakemakmuran]

‘Hijab’ Bukan Sekadar Pembatas

PinkKorset.com – Hijab dikenakan perempuan untuk membatasi area privasi miliknya pada dunia luar. Justru lepaskan ‘hijab’ dalam rumah tangga untuk membuka komunikasi. Itulah yang hendak disampaikan film Hijab.

Raut suka cita tampak jelas pada tiga perempuan bersahabat, bersuami dan berhijab dengan gayanya masing-masing. Di sebuah sofa merah, mereka berbicara di depan kamera yang tengah merekam.

Masing-masing mengenalkan karakter dan pengalaman berhijab. Bukan sesuatu yang menyentuh kalbu, justru banyolan yang menghiasi cerita mereka.

Bia (Carissa Puteri) dikenal sebagai gadis hidayah di jagad maya setelah mengikuti komunitas motivasi kaum muslimah. Suaminya, Mat Nur (Nino Fernandez) adalah seorang selebritas yang populer.

Tata (Tika Bravani) menjadi gadis jutek di kampusnya yang tak menyukai mahasiswa baru, terutama yang memiliki rambut indah. Ia menikahi Ujul (Ananda Omesh), seorang fotografer.

Lain lagi Sari (Zaskia Adya Mecca), perempuan berotak dagang. Sari menikahi seorang lelaki keturunan Arab bernama Gamal (Mike Lucock).

Ketiga perempuan ini bersahabat sejak SMU. Setelah menikah, mereka ingin tetap bisa berkumpul dan memilih arisan sebagai media penyambung tali silaturahim.

Mereka juga memiliki satu teman perempuan lagi, Anin (Natasha Rizky), yang belum berhijab. Ia juga masih berpacaran dengan Chucky (Dion Wiyoko), seorang sutradara kontroversial.

Berempat, mereka antusias dengan bisnis hijab online. Tugas pun dibagi. Bia bertugas merancang, Sari mengurus keuangan, sedangkan Tata dan Anin di bagian keuangan.

Lalu bagaimana kisah mereka berbisnis hijab ini?

Secara keseluruhan, film ini menginspirasi perempuan untuk berbisnis. Serta yang terpenting, memandu mereka untuk berhijab, namun ‘melepaskannya’ saat berada di dalam komunikasi rumah tangga.

Film ini sudah menimbulkan beberapa komentar tak sedap karena dianggap kontroversial. Namun sutradara Hanung Bramantyo tampaknya sudah memperhitungkan hal tersebut.

Suami Zaskia Mecca ini dikabarkan sudah menggaet pengacara untuk menilai efek baik tidaknya dari setiap adegan yang digarap.

Bagaimana menurut Anda?