India Monitor Toilet Lewat Tablet [financialexpress]

India Monitor Toilet Lewat Tablet

PinkKorset.com – Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi meresmikan program online nasional untuk mengetahui apakah toilet umum digunakan dengan semestinya oleh masyarakatnya. Seperti apa?

Mulai bulan depan, seluruh pegawainya akan dilengkapi dengan perangkat pintar, seperti ponsel pintar, tablet, dan iPad untuk bisa memantau toilet umum di sebagian besar wilayah rural India. Hasil pemantauan ini juga bersifat realtime atau sesuai dengan waktu sesungguhnya.

India memiliki anggaran belanja negara untuk pembangunan sanitasi lebih dari US$50 milyar per tahun. Menurut Bank Dunia, anggaran ini digunakan untuk mengurangi angka kematian akibat sanitasi rumah dan juga kemaitan akibat kebersihan sanitasi.

India hingga saat ini menjadi satu-satunya negara di Asia yang memiliki sistem sanitasi yang paling buruk.

Menurut WHO pada 2012, sekitar 626 juta warga India terganggu akibat sanitasi buruk dibandingkan 14 juta warga di Tiongkok. Sejak Modi menjabat Mei lalu, ia menekankan kabinetnya akan kebersihan lingkungan dan sanitasi di India dapat diselesaikan dalam lima tahun ke depan.

Pemerintah telah meningkatkan anggaran negara lebih dari dua kali lipat untuk membangun program toilet nasional dan meminta bantuan dari perusahaan besar serta negera lain untuk mendukung program nasional ini.