Ini Lho, Kelebihan Spa di Indonesia [marthatilaar]

Ini Lho, Kelebihan Spa di Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Tidak hanya kaya manfaat, spa di Indonesia ternyata punya kelebihan lain.

SPA merupakan suatu singkatan dari Solus Per Aqua atau suatu sistem pengobatan atau perawatan dengan air.

Pengobatan dengan SPA telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno. Namun seiring dengan perkembangan zaman, spa berkembang menjadi suatu tempat kecantikan, perawatan tubuh, kesehatan, kebugaran dan kenyamanan.

Spa sendiri merupakan suatu rangkaian perawatan yang terdiri dari terapi pijat seluruh badan, lulur atau body scrub, masker pemutih, terapi musik, aromatherapy, mandi susu atau mandi aromatherapy.

Lalu, apa kelebihan spa di Indonesia?

Vice Chairwoman Martha Tilaar Group sekaligus Direktur Utama PT Cantika Puspa Pesona, Wulan Tilaar menerangkan, kelebihan spa Indonesia dibanding spa dari luar negeri adalah adanya kearifan lokal yang sangat khas Indonesia.

“Spa Indonesia memiliki beberapa keunggulan antara lain, spa kita adalah warisan budaya asli nenek moyang kita yang sudah terbukti memberikan manfaat,” ujarnya di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Perlakuan spa juga diaplikasikan berdasarkan kebiasaan dan siklus kehidupan perempuan, ada yang dilakukan untuk para perempuan sebelum menikah, yang sudah melahirkan dan sebagainya.

“Setiap ritual memiliki benefit untuk tahapan hidup perempuan Indonesia,” katanya.

Salah satu contohnya adalah spa Batangeh Minang asal Sumatera Barat. Spa tradisional Sumatra Barat yang melibatkan proses mandi atau memanaskan diri dengan uap supaya berkeringat tersebut, biasa dilakukan para calon pengantin, ibu yang baru melahirkan, dan orang yang baru sembuh dari penyakit.

Selain itu, spa Indonesia juga menggunakan bahan-bahan asli Indonesia yang mudah dijumpai di Indonesia serta berbahan dasar alami. Contohnya, sereh wangi, pandan, sirih, dan bunga kenanga.

Uap untuk spa Batangeh sendiri mengandung rebusan bunga, daun, kulit kayu, akar atau rimpang, serta biji-bijian yang mengandung minyak atsiri dan mudah ditemukan di Sumatra Barat.