Ketahui Penyakit Lewat Lidah [fnw]

Ketahui Penyakit Lewat Lidah

PinkKorset.com – Selain untuk mengecap, lidah ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda.

Berdasarkan sebuah studi baru dalam International Journal of Biomedical Engineering and Technology, gejala yang dialami di sekitar lidah dan foto lidah dapat mendiagnosa suatu penyakit.

Ambillah cermin dan perhatikan kondisi lidah Anda. Untuk mendeteksi adanya penyakit, berikut gejala yang sebaiknya Anda ketahui.

Permukaan lidah pucat dan halus

Tekstur lidah umumnya sedikit bergelombang. Bila permukaan lidah halus, Anda bisa mencurigainya “Bisa jadi ini disebabkan kekurangan besi dan vitamin B12,” kata Steven Lamm, M.D., ahli penyakit dalam.

Lidah kehitaman dan terlihat berbulu

Terlihat berbulu sebenarnya tidak benar-benar lidah ditumbuhi bulu. Namun adanya penumpukan kotoran yang berlangsung lama, membuat lidah terlihat seperti berbulu. “Buruknya kesehatan mulut memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi,” ujar Steven Lamm, yang juga asisten profesor klinis di NYU Langone Medical Center, New York.

Menurutnya, lidah menghitam ini bisa jadi karena infeksi jamur yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Keberadaannya bisa mengindikasikan penyakit diabetes.

Lidah lebih besar

Jika Anda merasa lidah bengkak atau terlihat lebih besar, bisa jadi Anda mengidap hipotiroidisme. Ini diakibatkan kurangnya produksi hormon tiroid.

Lidah pecah-pecah

Bila permukaan lidah terlihat retakan dalam atau lekukan, ada kemungkinan Anda sedang mengalami gangguan autoimun.

Lidah memutih

Kondisi lidah memutih bisa jadi gejala adanya infeksi jamur. Atau bisa menjadi petunjuk bahwa kesehatan mulut sedang diserang bakteri dan jamur.

Sering sariawan

Luka yang menjengkelkan ini sangat tidak nyaman dan kerap berdampak menurunya nafsu makan. Menurut Steven, sariawan bisa terjadi ketika sedang stres, mengonsumsi makanan pedas, flu atau sistem kekebalan tubuh sedang bekerja keras. Untuk mengatasinya, oleskan salep OTC dan hindari makanan bertekstur keras.