Mahal, Jak Book and Edu Fair 2015 Sepi Pengunjung

PinkKorset.com, Jakarta – Pameran buku dan perlengkapan sekolah cukup membantu para orang tua siswa, meski beberapa barang lebih mahal.

Jak Book and Edu Fair 2015 berlangsung sepekan, sejak 27 Juli 2015 – 3 Agustus 2015 di Plaza Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Selama delapan hari, pameran ini menyuguhkan berbagai kebutuhan sekolah seperti buku tulis, buku pelajaran, seragam, sepatu, tas dan alat tulis.

Meski matahari cukup terik, tetapi para orang tua tetap datang memburu perlengkapan sekolah untuk anak-anaknya.

jak-book-2015--4Jumlah pengunjung terlihat sepi dan tidak sebanyak pada hari pertama pameran. Penurunan jumlah pengunjung adalah imbas dari seruan Basuki Cahaya Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta untuk tidak membeli pada pembukaan Jak Book and Edu Fair 2015 Senin, (27/7/2015).

Alih-alih pengunjung pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) mendapat buku dan perlengkapan sekolah dengan murah tetapi justru lebih mahal ketimbang di luar pameran.

Walaupun demikian, ibu-ibu tetap datang untuk berbelanja kebutuhan sekolah. Mereka mengeluhkan harga barang yang mahal.

jak-book-2015--2

“Beli disini katanya murah, tapi malah mahal. Mending beli di Ridho Jaya, Kebayoran,” kata Lia (43) kepada Pinkkorset.com, Jumat (31/7/2015).

Ia mencontohkan harga buku tulis Rp40 ribu di pameran. Padahal harga di luar pameran hanya Rp 35ribu.

Ibu dua anak ini juga menyayangkan buku paket yang sesuai dengan kebutuhan tidak ada potongan harga.

“Kita enggak dapat buku paket dari sekolah. Tadi nyari-nyari dapatnya Rp60 ribu. Mending foto kopi Rp20 ribu,” katanya.

jak-book-2015--1

Sementara itu, Rani (41) mengeluhkan tidak ada potongan harga untuk seragam. “Tiga seragam sekolah saja sudah habis Rp200 ribu,” ucapnya.

Walau dibanjiri harga mahal, mereka tetap antusias dengan diskon harga sepatu dan tas.

“Kemarin beli tas dapat diskon Rp20 ribu, dari Rp185 ribu jadi Rp165 ribu. Sepatu juga diskon Rp20 ribu,” ucap Lia yang telah mengunjungi pameran kedua kalinya.

Memang beberapa penjual terlihat memasang harga khusus bagi pemegang KJP.

Untuk menyiasati anggaran belanja kebutuhan sekolah, sebagian barang dibeli di luar pameran. “Sisa kebutuhan bisa beli di dekat rumah. Pusing banyak orang juga,” ucap Suparti (39).

Setelah lelah berkeliling, ia hanya mendapatkan buku tulis, tas dan seragam sekolah untuk anaknya yang menginjak kelas 5 SD.

Jak Book and Edu Fair 2015 merupakan pameran jak-book-2015--3buku dan perlengkapan sekolah yang pertama kali diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pameran ini ditujukan pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP). Seluruh penjualan di area pameran ini tidak menggunakan uang fisik. Pengunjung yang tidak memiliki KJP pun bisa bertransaksi dengan Jak Card.

Kartu e-money ini dipatok Rp30 ribu dan berisi dana Rp20 ribu. Loket pembelian kartu dan ATM tersedia di area pameran ini.