Martha Tilaar Kembangkan 9 Etno Wellness [marthatilaar]

Martha Tilaar Kembangkan 9 Etno Wellness

PinkKorset.com, Jakarta – Merek kecantikan lokal Martha Tilaar sedang mengembangkan sembilan ramuan spa yang memanfaatkan ramuan tradisional dan rempah-rempah asli Indonesia.

Ramuan spa yang dikenal dengan istilah Etno Wellness ini adalah sebuah treatment kesehatan jiwa, pikiran, dan fisik yang diambil dari kearifan budaya lokal.

Sembilan Etno Wellness tersebut adalah Tangas Betawi, Batangeh Minang dari Sumatera Barat, Oukup Batak asal Sumatera Utara, Lulur Jawa, Boreh Bali, So’oso Madura, Batimung Banjar dari Kalimantan Selatan, Bakera Minahasa asal Sulawesi Utara, Bedda Lottong Bugis dari Sulawesi Selatan.

Vice Chairwoman Martha Tilaar Group sekaligus Direktur Utama PT Cantika Puspa Pesona, Wulan Tilaar mengatakan, etno wellness yang diambil dari kebudayaan Indonesia itu secara gencar sudah diperkenalkan oleh Kementerian Pariwisata.

“Saat ini kita sudah memiliki empat dari sembilan etno wellness, yakni Batimung Banjar, Lulur Jawa, Boreh Bali dan Bakera Minahasa. Sisanya sedang kita kembangkan,”ujarnya dalam peresmian gerai di Kuningan City Mal, Rabu (4/11/2015).

Wulan mengatakan pengembangan spa tradisional menjadi tantangan tersendiri bagi industri spa tanah air. Misalkan saja keterbatasan literatur dan narasumber yang jumlahnya semakin sedikit.

“Kita malah harus riset sendiri dengan berkunjung ke daerah-daraeh dan bertemu pemangku adat serta praktisi di sana,” katanya.

Ia pun berharap, perkembangan spa dengan bahan asli ini dapat menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara. “Mudah-mudahan setelah ini wisatawan akan mengenal Indonesia sebagai daerah tujuan wisata dengan layanan spa otentik, seperti kalau kita ke Thailand langsung tahu Thai Massage,”ujarnya.

Martha Tilaar sendiri saat ini memiliki hampir 28 titik tempat spa yang tersebar di seluruh Indonesia.