Memangnya Perempuan Harus Punya Anak? [digitaljournal]

Memangnya Perempuan Harus Punya Anak?

PinkKorset.com – Menikah, hamil, melahirkan, jika perlu hamil lagi. Hanya itukah ekspektasi masyarakat terhadap perempuan?

Di jaman modern seperti ini, banyak pula perempuan yang terang-terangan tak mau mengandung atau punya anak. Meski ekspektasi dan permintaan masyarakat masih tinggi.

Perempuan pun merasa berutang pada masyarakat karena femininitas selalu dikaitkan dengan motherhood. Padahal, seorang perempuan juga berhak memutuskan.

Haruskah perempuan punya anak meski merekalah yang paling berhak atas tubuhnya? Para pesohor ini menentang tuntutan tersebut dengan kata-kata mereka sendiri.

cameron-diaz-300

Cameron Diaz

Cameron Diaz:I have an unbelievable life.” Cameron juga berkata, hidupnya saat ini terjadi karena dia tak memiliki anak. Istri rocker Benji Madden ini menyadari, pilihannya memang berbeda dari perempuan pada umumnya.

 

 

zooey-deschanel-300

Zooey Deschanel

Zooey Deschanel: Juli lalu, Zooey dikaruniai bayi perempuan, Elsie Otter. Meski begitu, ia pernah memperingatkan bahwa bertanya mengenai anak ke seorang perempuan harus hati-hati. Sebab, tak semua ingin punya anak. Lagipula, kata Zooey, “Nobody asks a guy that.

 

 

Marisa Tomei

Marisa Tomei

Marisa Tomei: Klise mengenai kewajiban perempuan memiliki anak pernah diungkapkan aktris ini dalam sebuah wawancara di majalah Manhattan pada 2009 lalu. “I don’t know why women need to have children to be seen as complete human beings.

 

 

Chelsea Handler

Chelsea Handler

Chelsea Handler: Trauma masa kecil membuat pembawa acara ini memutuskan tak memiliki anak. Chelsea yang mengaku pernah aborsi saat berusia 16 tahun, dengan jujur menyatakan tak yakin bisa menjadi ibu yang baik. “I don’t know that I could handle my own child.. going through what I went through growing up.

 

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey: Sosok dermawan yang disukai banyak orang ini pernah berkata, “If I had kids, my kids would hate me.” Alasan Oprah, ia akan selalu memprioritaskan pekerjaannya. Sekian lama ia menyadari, anak takkan menjadi prioritas pertama dalam hidupnya.

 

 

margaret-cho-300

Margaret Cho

Margaret Cho: Komedian asal Amerika ini mengaku tak punya insting keibuan. “When I see children, I feel nothing. I have no maternal instinc.” Begitu kata Cho. Sikap seperti ini tak langka. Sudah ada riset yang mencari tahu mengapa sebagian perempuan tak merasa ingin bereproduksi atau kurang insting keibuan.

 

Sarah Silverman

Sarah Silverman

Sarah Silverman: “I want to have kids when there’s nothing else I want more, and I can make them my world.” Aktris dan juga komedian ini menegaskan, tak ada batasan usia menjadi orangtua. Juga salah satu alasannya, ia tak ingin kehadiran anak membangkitkan depresinya.

 

 

Jennifer Aniston

Jennifer Aniston

Jennifer Aniston: Begitu bercerai dari Brad Pitt dan mantan suaminya kini memiliki enam anak bersama Angelina Jolie, orang berasumsi Jennifer tak mau punya anak. Aktris cantik ini pun berkata, “No one has the right to assume.” Apapun alasannya, kata aktris yang baru saja menikahi aktor Jason Theroux, tak perlu diumbar dan diketahui seluruh dunia.