Mengapa Tabung Gas LPG Bisa Meledak? [bewara]

Mengapa Tabung Gas LPG Bisa Meledak?

PinkKorset.com – Kabar meledaknya tabung gas elpiji (LPG) masih santer terdengar dan membuat masyarakat was-was. Mengapa tabung gas LPG bisa meledak?

Menurut Manager Domestic Gas Regiion III PT Pertamina, Ari Anggoro, seperti pernah diberitakan Detik Finance,  meledaknya tabung gas bukan karena kualitas tabung yang buruk.

Kecelakaan tabung gas biasanya karena selang dan regulator. Menurut Ari, selang dan regulator yang digunakan masyarakat ada yang sudah sesuai standar dan ada yang belum.

Ari mengungkap, penggunaan selang dan regulator yang tidak sesuai standar inilah penyebab banyak terjadi ledakan tabung gas. Jika normalnya tekanan gas 110 bar, regulator tak sesuai standar bisa menyebabkan tekanannya jadi 120 bar.

“Itu yang memicu ledakan,” katanya, menegaskan bahwa Pertamina selalu melakukan cek dan kontrol fisik secara manual pada setiap tabung gas sebelum diisi dan didistribusikan ke konsumen.

Cek dan kontrol itu melibatkan kondisi dan posisi karet pengikat tabung. Jika bocor makan akan disingkirkan. Setelah tabung penuh pun, diuji kembali dengan dimasukkan ke dalam air untuk melihat ada tidaknya kebocoran.

Ada baiknya Anda memeriksa tabung gas yang digunakan saat ini, apakah sudah menggunakan selang dan regulator sesuai standar Pertamina.