Pujian Tumbuhkan Percaya Diri Anak [mentalhealthnews]

Pujian Tumbuhkan Percaya Diri Anak

PinkKorset.com – Perhatian untuk buah hati bukan hanya berbentuk materi saja. Anak juga membutuhkan motivasi dari orangtua.

Perhatian dari orangtua bukan hanya berbentuk mainan atau kebutuhan materi lainnya saja. Anak juga butuh perhatian yang sifatnya bisa memotivasi, seperti pujian.

“Orangtua meyakini, memuji anak akan meningkatkan rasa percaya dirinya,” kata Paul Donahue PhD, pendiri dan direktur Child Development Associates.

Pujian merupakan bentuk perhatian orangtua yang juga penting, terutama saat anak masih usia balita. Dampaknya positif dan sangat baik untuk tumbuh kembangnya.

Pujian, lanjut Donahue, membuatnya berperilaku baik, menambah kepercayaan dirinya dan tak mudah minder.

Pujian juga membuat anak merasa dicintai, dihargai dan pada akhirnya dapat memotivasi diri.

Banyak contoh pujian yang bisa Anda berikan untuk anak. Seperti ketika ia berhassil membersihkan minuman yang ia tumpahkan, mengancing baju sendiri, hingga merapihkan mainan.

Namun begitu, jangan berlebihan. Terlalu banyak pujian malah membuatnya merasa ada hal negatif pada dirinya.

Menurut Jenn Berman PhD, terapis keluarga dan pernikahan serta penulis buku The A to Z Guide to Raising Happy and Confident Kids, orangtua suka berlebihan.

Jenn berujar, orangtua mungkin merasa sulit melakukan satu hal saat mereka sendiri masih kecil. Apalagi, banyak larangan dari orangtua mereka juga.

“Sehingga, kita jadi berlebihan memuji anak sendiri,” ujarnya. Pujian, pada dasarnya, hanya diberikan secara spesifik dan pada pencapaian sesuatu.