Sakit Kepala Ini Butuh Tindakan Medis [doppsne]

Sakit Kepala Ini Butuh Tindakan Medis

PinkKorset.com, Jakarta – Beberapa sakit kepala memang bisa diobati dengan obat bebas. Namun, ada juga yang butuh penanganan khusus.

Sakit kepala seringkali mengganggu aktivitas. Untuk meredakannya, obat yang dijual bebas biasanya cukup manjur. Sakit kepala ini termasuk migren, sakit kepala di satu sisi seperti area mata (cluster headache) dan sakit kepala akibat ketegangan otot (tension headache).

Namun, pernahkah Anda mengalami sakit kepala yang tidak kunjung reda nyerinya?

Bila ya, Anda mungkin mengalami sakit kepala dengan jenis cervicogenic headache atau occipital neuralgia.

Cervicogenic headache adalah sakit kepala yang dipicu oleh leher dan mengakibatkan pegal yang cukup lama dan sulit menggerakan kepala.

Sedangkan penyakit occipital neuralgia adalah siklus kejang yang menyakitkan di area tengkorang belakang, depan, samping dan belakang mata.

Ahli anestesi dari Pusat Layanan Kesehatan Singapore (PainCare Center /SPCC)  Dr. Wilson Tay mengatakan, kedua tipe sakit kepala ini tidak bisa diobati dengan cara biasa.

“Pengobatan jenis sakit kepala cervicogenic headache  diobati dengan radio frecuency ablation (RFA) yaitu membakar saraf sensitif,” katanya saat presentasi Kesehatana Penanganan Nyeri dan Edokrinologi di Jakarta, baru-baru ini.

Sedangkan untuk sakit kepala occipital neuralgia, pengobatannya melalui cara suntik, terapi frekuensi radio (pulsed radiofrecuency) dan pemancaran gelombang ultrasonik.