Secepat Apa Teknologi 5G Nirkabel? [cnn]

Secepat Apa Teknologi 5G Nirkabel?

PinkKorset.com – Lima tahun setelah smartphone 4G pertama dijual di pasaran, industri nirkabel tengah mempersiapkan 5G. Berikut gambarannya, sebagaimana diprediksi CNN.

Masih banyak hal yang perlu dibenahi sebelum industri komunikasi siap melepas 5G ke masyarakat. Namun begitu, dunia sudah siap menyambut teknologi nirkabel generasi kelima. Huruf ‘G’ di sini adalah ‘generation’ atau generasi.

Standar 5G belum disiapkan. Menurut presiden salah satu perusahaan provider AT&T, Bill Smith, 5G kemungkinan terlihat bentuknya pada 2018. Standarnya mungkin siap pada 2019. Standar ini yang menentukan apakah 5G boleh disebut 5G.

Para pakar masih menebak-nebak seperti apa nantinya 5G ini. Yang jelas, mereka memprediksikan nirkabel yang lebih cepat, cerdas, dan lebih irit tenaga ketimbang 4G. Smartphone, home device, dan wearable device bakal lebih cepat.

Teknologi ini berpotensi memiliki kecepatan 40 kali lipat 4G. Sayangnya untuk konsumen, ada perbedaan antara eksperimen dan kenyataan. Kecepatan memang impian besarnya, tapi di dunia nyata tak secepat itu.

Nokia, salah satu pemain 5G terbesar meyakini, teknologi ini bisa mewujudkan secara nyata kecepatan 100 megabit per detik (Mbps), sekitar empat kali lebih cepat ketimbang kecepatan puncak 4G.

Faktanya, belum ada yang bisa memastikan kapan datangnya 5G. Industri ini sepakat akan mencobanya saat Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan dan pengembangan massal kemungkinan pada 2020.

Pertanyaan terbesarnya, apakah kita sudah siap menyambut teknologi 5G?