Seni Punya Kemampuan Menyembuhkan [piecesofvictoria]

Seni Punya Kemampuan Menyembuhkan

PinkKorset.com – Periset California University di Berkeley menyatakan, alam bebas dan karya seni bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal yang banyak dibicarakan dalam kapasitas sugesti ini sudah memiliki bukti sains. Melihat pemandangan seperti di Gunung Bromo atau mendengarkan musik seperti Ave Maria versi Schubert.

Alam bebas dan karya seni meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menurunkan level zat kiia yang bisa menyebabkan peradangan dan memicu diabetes, serangan jantung, dan penyakit lainnya.

Dalam dua percobaan berbeda menggunakan 200 orang dewasa muda, mereka diberi pengalaman emosi positif seperti kekaguman, takjub, tersentuh, puas secara batin, kegembiraan, cinta, dan kebanggaan.

Sampel jaringan gusi dan pipi bagian dalam atau prosedur yang dikenal sebagai mucosal transudate menunjukkan, mereka yang mengalami berbagai emosi positif itu memiliki level cytokine Interleukin 6 terendah.

Zat itu merupakan penanda peradangan. Psikolog California University di Berkeley, Dr. Dacher Keltner menungkap, hal-hal positif tersebut di atas menghasilkan level cytokines yang sehat.

“Hal-hal yang kita alami itu memiliki pengaruh secara langsung terhadap kesehatan dan harapan hidup,” katanya.

Cytokines adalah zat kimia yang penting untuk mengumpulkan sel-sel tubuh guna memerangi infeksi, penyakit, dan trauma. Namun, zat ini juga sering dihubungkan dengan  diabetes tipe 2, penyakit jantung, arthritis, dan bahkan Alzheimer’s.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa diet sehat, tidur cukup, dan berolah raga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit fisik dan mental. Studi ini lebih mengacu pada peran emosi positif.