Tenaga Kerja India Paling Proaktif Sedunia [adweek]

Tenaga Kerja India Paling Proaktif Sedunia

PinkKorset.com – Karyawan di India dinilai paling proaktif dibandingkan tenaga kerja lain di belahan dunia lain. Tidak hanya itu. Mereka juga bersedia kerja lembur tanpa bayaran.

Berdasarkan laporan ‘Employee Engagement report’ oleh Dale Carnegie Training, tenaga kerja India memiliki angka yang cukup tinggi untuk keterlibatan secara profesional dalam bekerja, yakni 46%.

Bandingkan dengan angka rata-rata global yang mencapai 34% dan Amerika Serikat sebesar 30%.

Hasil riset ini dikaitkan dengan fakta bahwa tingkat pendidikan rata-rata responden di India jauh lebih tinggi dibandingkan riset serupa di AS. ”Apalagi pendidikan tinggi telah terbukti secara langsung terkait dengan sikap proaktif,” kata laporan tersebut.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa 61% dari responden di India bersedia untuk bekerja lembur tanpa bayaran untuk menyelesaikan tugas.

Sekitar 58% yang sangat yakin mereka tahu persis apa yang diharapkan dari mereka terkait pekerjaannya, dan 58% lain merasa bahwa pekerjaan mereka memberikan kontribusi langsung terhadap keberhasilan organisasi.

Karyawan yang bekerja di sektor kesehatan pada seluruh studi merupakan kelompok karyawan paling proaktif, sedangkan karyawan perusahaan pemerintah dan sektor pendidikan memiliki tingkat proaktif paling rendah.

Menariknya, perusahaan yang lebih besar di India, yakni yang memiliki lebih dari seratus karyawan, cenderung memiliki karyawan yang paling proaktif, sedangkan perusahaan kecil (dengan 501 dan 100 karyawan) memiliki jumlah staf proaktif lebih kecil.

Terkait pendapatan, 15% dari mereka yang berpenghasilan 150-300 ribu rupee  (Rp31,3-62,6 juta) per tahun tidak terlalu proaktif, dibandingkan 71% yang berpendapatan lebih dari 10 juta rupee (Rp2 miliar) per tahun, yang sangat proaktif di tempat kerja.

Laporan tersebut mengatakan, keterlibatan karyawan menjadi peluang besar bagi perusahaan dan alat yang efektif bagi manajer untuk menarik dan mempertahankan bakat khusus. “Ini adalah keuntungan bagi perusahaan yang ingin meningkatkan daya tarik tempat kerja mereka”.

Dale Carnegie India bekerjasama dengan NHRD di India untuk survei lebih dari 1.200 eksekutif, kontributor individu, manajer dan kepala seksi di seluruh negeri pada 2014.