Aplikasi Facebook Sedot Batere iPhone [digitaltrends]

Aplikasi Facebook Sedot Batere iPhone

PinkKorset.com – Ingin batere smartphone iPhone Anda awet? Segera hapus aplikasi Facebook.

Kesimpulan ini diperoleh setelah sebuah eksperimen oleh Samuel Gibbs, penulis kolom teknologi di suratkabar ternama Inggris, Guardian.

Menurut hasil eksperimen Gibbs menggunakan iPhone 6S Plus, menghapus Facebook bisa menghemat usia batere hingga 15%.

Selama sepekan, Gibbs menggunakan situs jejaring sosial itu melalui web browser bawaan iPhone, Safari. Ia melakukan eksperimen ini dengan ketat dan tertib.

Gibbs mancatat daya batere setiap pukul 22.30 dan membandingkannya ke rata-rata harian sepekan sebelumnya, saat ia masih menggunakan aplikasi Facebook.

Pencatatan ini dilakukan setelah batere diisi dayanya semalaman. Saat mengakses Facebook via Safari, aplikasinya ia biarkan saja.

“Rata-rata, batere bertahan hingga 15% lebih banyak pada pukul 22.30, setiap hari,” tulis Gibbs.

Selain batere, tak menggunakan aplikasi Facebook juga menghemat space di ponsel.

Ini karena aplikasi Facebook memakan memori hingga 500 MB. Belum termasuk aplikasinya sendiri yang sudah sebesar 111 MB, serta cache yang ditinggalkan.

Untuk memperkuat hasil eksperimen ini, Gibbs meminta beberapa pemilik iPhone lain yang ia kenal untuk melakukan hal sama.

“Memakai Facebook via Safari hampir sama seperti aplikasinya,” imbuhnya. Meski, kata Gibbs, ada fitur yang hilang via Safari seperti fungsi share to.

Ia juga memperingatkan, hasilnya kemungkinan beda untuk iPhone 6S yang lebih kecil karena baterenya juga tak sebesar iPhone 6S Plus.

Adapun pada Android, sebagaimana eksperimen yang juga pernah dilakukan Gibbs, meniadakan aplikasi Facebook akan menghemat batere hingga 20%.