Mengapa Sulit Tidur Saat Malam? [utahpeoplespost]

Mengapa Sulit Tidur Saat Malam?

PinkKorset.com – Apa yang salah saat Anda mengalami sulit tidur di malam hari? Terlalu banyak berpikir? Mungkinkah masalahnya lebih kompleks?

Ini bukti bahwa semua elemen di tubuh dan kesehatan Anda saling berkaitan. Tidur nyenyak di malam hari ada hubungannya dengan kesehatan usus. Masalah ini memang menjadi perhatian selama beberapa tahunt erakhir.

Human Microbiome Project memperkenalkan triliunan bakteri yang hidup di tubuh kita dan amat mempengaruhi kesehatan. Banyak diantara menghuni usus. Sejumlah riset telah membuktikan usus tak sehat berujung pada obesitas, depresi, dan banyak lagi.

Komunitas mikroba yang keberadaannya di sistem pencernaan bergantung pada makanan kita ini, mempengaruhi seberapa nyenyak tidur malam. Sebaliknya, pola tidur juga mempengaruhi kondisi mereka.

“Banyak bukti menyebutkan, apa yang Anda makan dan kapan, mempengaruhi tidur dan ritme biologis,” kata Phyllis C. Zee, MD, PhD, Direktur Center for Circadian and Sleep Medicine di Feinberg School of Medicine, Northwestern University.

Circadia adalah semua proses biologis yang berjalan selama 24 jam. Ritmenya berhubungan erat dengan metabolisme. Sebuah studi membuktikan, ritme circadia juga dipengaruhi mikrobiome di usus.

“Saat sehat, ritmenya teratur dan bersamaan dengan jam otak yang mengatur sekresi melatonin. Otak dan usus terhubungan lewat sistem syaraf. Anda tak ingin jadwal kedua sahabat ini kacau,” kata Dr. Zee.

Senada, Dr. Robin Berzin yang pendiri Parsley Health menyatakan, usus tak sehat akan mengganggu tidur dan menyebabkan peradangan. Pada akhirnya, sejumlah sistem tubuh juga ikut terganggu.

“Jika seseorang berhenti mengonsumsi makanan yang mengganggu sistem imun, mereka akan mudah tidur,” katanya.

Berzin menambahkan, mengorbankan beberapa jam tidur demi tenggat waktu pekerjaan akan berdampak buruk pada bakteri di usus dan sistem pencernaan. Sebab, kurang tidur mempengaruhi reseptor syaraf di usus.

“Kurang tidur atau mengganggu jam tubuh mempengaruhi metabolisme dan pengaturan glukosa. Juga, pada jenis dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Saat kurang tidur, Anda lebih suka makan junk food ketimbang salad,” lanjutnya.

Semua dokter ini mewajibkan Anda tidur selama 7-8 delapan jam semalam. Zee juga merekomendasikan olah raga teratur, tidak bersembunyi dari cahaya saat siang hari, serta menertibkan jadwal tidur-bangun-makan.

Juga, jangan makan malam tiga jam sebelum tidur. Anda bisa menyehatkan mikroba di usus melalui suplemen probiotik dan makanan fermentasi seperti kefir, sayuran fermentasi, dan banyak lagi.

“Perlu diperhatikan, ini bukan hanya berarti menambah makanan fermentasi dalam diet anda. Namun juga memperhatikan asupan gula dan karbohidrat,” imbuhnya.