Penderita Kanker di Indonesia Meningkat [gi]

Penderita Kanker di Indonesia Meningkat

PinkKorset.com, Jakarta – Tak hanya pada dewasa, tingkat penderita kanker anak di Indonesia juga tinggi setiap tahunnya.

Di Indonesia, tercatat 11 ribu kasus kanker anak per tahun. Leukimia dan Retinoblastoma menduduki peringkat teratas dari jenis kanker lainnya.

Secara umum, prevalensi kanker meningkat. Yakni 1,4 per seribu penduduk indonesia dinyatakan menderita kanker.

“Artinya 347 ribu orang mengidap kanker per tahun,” tutut Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Dr. H.M Subuh MPMM.

Pada 2012, kanker payudara dan mulut rahim merupakan jenis yang sering menyerang perempuan dewasa. Pada lelaki, lebih sering kanker paru dan kolorektal.

Antrean malakukan pengobatan kanker di salah satu rumah sakit Jakarta bisa mencapai ratusan per harinya.

Pemerintah telah mengusahakan dengan pemerataan pos bidu (pembinaan terpadu) di seluruh Indonesia guna melakukan deteksi dini menggunakan asam asetat.

Semakin cepat, penyakit kanker terdeteksi maka tingkat keberhasilan sembuh juga semakin tinggi sehingga mampu meringankan tanggungan biaya untuk berobat.

Targetnya, pada 2017 sebanyak 95% pusat kesehatan mampu melayani berbagai penyakit dengan fasilitas kesehatan yang mumpuni dan pada 2025 pasien kanker dapat berkurang hingga 25%.