Neuromove, Senam untuk Cegah Neuropati [youtube]

Neuromove, Senam untuk Cegah Neuropati

PinkKorset.com, Jakarta – Gangguan saraf seperti neuropati dapat dicegah dengan senam neuromove.  

Neuromove adalah aktivitas fisik yang praktis dan mudah untuk memelihara kesehatan saraf dan mencegah neuropati.

Aktivitas ini diciptakan Merck bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) karena prevalensi neuropati yang semakin tinggi.  Adapun Neuropati adalah kondisi gangguan dan kerusakan saraf yang ditandai dengan gejala seperti kesemutan, kebas, dan kram.

Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Ade Jeanne D. L. Tobing, SpKO mengatakan, senam neuromove berisi serangkaian gerakan yang disusun secara khusus untuk mencegah neuropati.

Neuromove tak hanya bermanfaat mencegah neuropati tetapi juga memperbaiki fungsi memori, membantu koordinasi sehingga memudahkan gerak, mengurangi ketegangan tubuh (rileks), meningkatkan lingkup gerak sendi, mencegah cedera dan membuat perasaan nyaman.

“Senam ini menjaga kelenturan tubuh. Sangat baik dilakukan karena kelenturan berkurang di atas usia 30 tahun,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Gerakan Neuromove terdiri dari gerakan aerobik dan stretching untuk melatih saraf, melemaskan ketegangan otot, serta mengurangi back pain akibat duduk terlalu lama.

Salah satu gerakan inti neuromove adalah gerakan menyilang atau gerakan cross antara gerak tangan dan bola mata. Gerakan ini dibuat untuk mengaktifkan saraf-saraf, baik saraf tepi maupun saraf pusat, sehingga dapat meningkatkan kecepatan reaksi seseorang dan meningkatkan daya ingat.

Menurutny, neuromove sangat praktis dan mudah dilakukan di mana saja, khususnya pada saat beraktivitas seharian di kantor. Cukup sediakan waktu 15-20 menit untuk keseluruhan gerakan Neuromove, atau durasi 5-10 menit untuk gerakan inti yang dapat dilakukan di area kantor atau rumah yang terbatas.

WHO menganjurkan aerobik 150 menit per minggu untuk menyeimbangkan kadar gula, menguatkan jantung dan paru, “Yang penting latihan fisik ini dilakukan dengan benar dan teratur. Minimal tiga kali dalam seminggu,” katanya lagi.

Berikut senam neuromove versi 5 menit