Alas Kaki Pilihan untuk Menyetir [youtube]

Alas Kaki Pilihan untuk Menyetir

PinkKorset.com – Tidak dipungkiri, perempuan punya sederet alas kaki untuk bermacam kegiatannya. Namun, alas kaki apa yang dipilih untuk mengendarai mobil?

Ya. Salah satu kenyamanan yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil adalah pemilihan alas kaki.

Saat ini, kebanyakan perempuan memilih flat shoe atau sandal saat menyetir. Meski tidak jarang pula yang masih memakai wedges atau high heels.

Bahkan, ada yang merasa harus bertelanjang kaki (nyeker) saat menginjak pedal.

Misalkan saja Putri. Karyawati di perkantoran bilangan Jakarta Pusat ini mengaku lebih nyaman menyetir tanpa memakai alas kaki. “Kalau tidak pakai sepatu, lebih terasa pedalnya. Lebih mantap gitu. Kalau pakai sepatu kayak ada yang menghalangi,”katanya kepada PinkKorset.com.

Perempuan berusia 28 tahun ini mengaku sudah bertelanjang kaki saat belajar mengemudi. Ketika itu, ia mengalami kesulitan pindah pedal. “Sekarang jadi kebiasaan. Ga pakai sepatu jadi lebih nyaman buat saya,”ujarnya.

Berbeda dengan Biba, 41 tahun. Meski tidak memiliki sepatu khusus untuk nyetir, ibu satu anak ini mengaku harus memakai alas kaki saat mengemudi.  “Saya paling anti tidak pakai sepatu saat mengemudi. Mau heels sekalipun yang penting pakai,”katanya.

Sementara Cynthia, seorang ibu rumah tangga, memilih sepatu datar atau flat shoe untuk menyetir. Sejak awal membawa mobil, ia memang sudah mencari alas kaki yang nyaman. Apalagi ia juga harus mondar-mandir mengurus kegiatan anaknya.

“Kalau pakai wedges atau sepatu tinggi, aku khawatir saat injak pedal jadi ketahan. Jadi milih sepatu datar saja. Biar aman,”ujarnya.

Adapun Winda, karyawati swasta di Jakarta Selatan lebih memilih sandal jepit dengan karet sangat fleksibel, yang khusus ia beli untuk mengendarai mobil. “Jadi aku punya sandal khusus untuk nyetir. Sandal itu hanya ada di mobil. Kalau turun, aku copot ganti sepatu,”ujarnya.

Winda mengaku kurang menyukai flat shoe, karena menurutnya sepatu kurang nyaman untuk menyetir dalam waktu yang cukup lama, “Kalau sepatu itu kan panas, kalau dipake buat nyetir berjam-jam,”tambahnya.

Lalu, sepatu seperti apa yang ideal untuk menyetir?

Instruktur mengemudi di New Zealand, Carl Winter mengatakan, wedges atau stiletto bukan alas kaki yang tepat untuk mengemudi. Selain menyulitkan untuk berkendara, heels berisiko tersangkut di antara pedal, dan mendorong pedal gas turun ketika mencoba untuk rem. Selain kurangnya sensasi dan kontrol atas pedal.

“Belakang kaki Anda sebaiknya berpusat pada pedal sehingga tidak akan meleset. Ini tentang posisi kaki Anda,”ujarnya.

Ia pun menyarankan untuk menyiapkan dalam mobil, sepatu slip-on dengan sol tidak licin, “Gunakan sepatu itu khusus untuk menyetir dan ganti ke wedges atau stiletto Anda ketika turun.”

 

 

Belum Ada Berita Terkait