Gerakan Beladiri Sederhana Untuk Kaum Hawa [gabriellerubin]

Gerakan Beladiri Sederhana Untuk Kaum Hawa

PinkKorset.com, Jakarta – Perempuan sering menjadi objek tindak kejahatan karena dinilai lemah dan tak bisa mempertahankan diri. Saatnya Anda belajar sedikit gerakan beladiri.

Ada pentingnya bagi perempuan untuk belajar beladiri meski tak harus secara intensif. Pendiri kursus beladiri Female Awareness di New York City, Gabrielle Rubin meyadari hal tersebut.

“Saya mengajarkan perempuan agar tetap aman di sekeliling orang asing, rumah kosong, atau lingkungan yang tak dikenal. Saya sadar, banyak perempuan butuh skill ini,” katanya, dilansir situs Woman’s Day.

Langkah pertama untuk melindungi diri Anda, kata Rubin, adalah menghindari situasi buruk. Sebab, kejahatan sudah muncul terlebih dahulu sebelum bentuk fisiknya. Berikut beberapa tips dari Rubin.

Perhatian

“Orang jahat mencari seseorang yang perhatiannya terbagi,” kata Rubin. Artinya, Anda harus melawan godaan untuk terus menerus melihat ponsel. Bahkan berbicara di ponsel saja berarti Anda tak memperhatikan sekeliling.

Amankan Barang

Rubin merekomendasikan perempuan membawa tas mereka di bahu yang kurang dominan dan menggunakan tangan tersebut untuk membawa tas lain atau kopi. Menurutnya, perempuan cenderung ingin mendistribusikan barang-barang yang dibawa ke semua tangan. “Ini membuat Anda tak terlindungi,” katanya.

Tunjukkan Kepercayaan Diri

Luruskan pundak dan berjalan tegak saja bisa menghindarkan Anda dari serangan. Orang jahat seringkali melihat apakah Anda percaya diri sendiri atau tidak. ‘Mereka mencari target yang mudah,” lanjut Rubin.

Jika Anda sudah berada dalam keadaan berbahaya dan bahkan berhadapan dengan si penyerang, ingatlah beberapa langkah yang didemonstrasikan Rubin berikut ini. “Ini tentang mekanisme tubuh dan unsur kejutan,” paparnya.

Gerakan 1: Jawab Telepon (Menghindari Serangan Dari Depan)

Kepalkan tangan dominan Anda sejajar pinggang dengan sikut menghadap belakang. Naikkan kepalan tangan ke telinga seperti hendak menjawab telepon. Ayunkan sikut ke belakang, lalu ke depan dengan keras dan mengarah ke dagu penyerang.

Gerakan 1 [gabriellerubin]

Gerakan 1 [gabriellerubin]

Gerakan 2: Servis Tenis (Menghindari Cengkeraman Lengan)

Ini gerakan cepat, seolah Anda sedang servis bola tenis. Kunci sikut dan ayunkan lengan ke belakang kepala dengan gerakan memutar. Lalu ayunkan dengan keras secara diagonal, menjauh dari cengkeran penyerang.

Gerakan 2 [gabriellerubin]

Gerakan 2 [gabriellerubin]

Gerakan 3: Flamingo (Menghindari Serangan Saat Tangan/Lengan Dicengkeram)

Berdiri dengan satu kaki seperti burung bangau (flamingo). Tekuk kaki yang diangkat ke arah depan lalu tendang tulang kering penyerang Anda dengan keras. Tendanglah serendah mungkin untuk menghindari cengkeramannya.

Gerakan 3 [gabriellerubin]

Gerakan 3 [gabriellerubin]

Gerakan 4: Gitar Udara (Menghindari Cengkeraman Lengan Atas, Bahu, atau Leher)

Angkat lengan yang dicengkeram pada posisi lurus ke atas, di luar tangan si penyerang. Gerakkan lengan Anda melingkar ke dalam seolah sedang pura-pura bermain gitar di udara (air guitar).

Gerakan 4 [gabriellerubin]

Gerakan 4 [gabriellerubin]

Semoga tips-tips ini membantu Anda.